Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno: Bisnis Berwawasan Lingkungan, Prospek Bangkitkan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 31 Desember 2020, 22:58 WIB
Sandiaga Uno: Bisnis Berwawasan Lingkungan, Prospek Bangkitkan Ekonomi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno/Net
rmol news logo Bisnis berwawasan lingkungan dinilai memiliki potensi mempercepat kebangkitan ekonomi kreatif yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Tak hanya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, pendekatan bisnis ini juga berdampak positif terhadap pelestarian lingkungan.

Begitu dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan. Menurutnya, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa.

“Peluang bisnis berwawasan lingkungan dan berkelanjutan ini sangat luar biasa, Indonesia sangat kaya raya dan jika kita membangun bisnis berwawasan lingkungan ini sangat berkeadilan untuk pembangunan ke depan," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (31/12).

Sandiaga mengatakan, beberapa waktu belakangan ini, isu lingkungan telah menyedot perhatian masyarakat. Terlebih lagi dengan semakin banyak munculnya gerakan atau kampanye kesadaran menjaga alam.

Lanjutnya, banyaknya kegiatan peduli lingkungan kerap dikampanyekan oleh kalangan artis dan figur publik untuk mengajak lebih banyak masyarakat, terutama kalangan anak muda untuk lebih mencintai lingkungan.

Demikian juga dalam bisnis, di mana berbisnis sekaligus bisa ikut serta menyelamatkan lingkungan menjadi tujuan yang sangat baik. Tidak semata-mata hanya memikirkan keuntungan saja, namun juga memiliki keinginan yang positif untuk memperbaiki atau bahkan sekedar mengurangi berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitar.

"Hal ini akan sangat menyenangkan, terutama bagi yang memang memiliki kepedulian khusus akan hal-hal yang membuat lingkungan menjadi lebih baik dan nyaman," kata Sandiaga.

"Anak-anak muda harus berani memulai bisnis dengan memperhatikan 3P (People, Profit, Plane) agar mempunyai dampak yang luas apalagi di masa pandemi ini agar bisa membuat ekonomi bangkit,” imbuh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Hanna Keraf selaku Co Founder DU Anyam mengatakan bisnis berwawasan lingkungan harus ditanamkan kepada generasi muda. Tak hanya mendatangkan provit, model bisnis ini juga teebukti bisa melestarikan lingkungan.

Bisnis berwawasan lingkungan ini pula yang dilakoni Hanna dalam mengembangkan produk lokal dengan mengangkat kerajinan tangan berbahan rotan dari Larantuka, Nusa Tenggara Timur ke panggung nasional dan international.

Hanna pun mengajak masyarakat untuk membeli produk lokal dalam negeri agar perekonomian tumbuh selaras dengan kelestarian lingkungan.

“Kita ketika berbisnis juga berkewajiban memberikan edukasi kepada publik untuk mengakat produk lokal agar semakin banyak anak muda dan masyarakat memcintai produk lokal dan melestarikan lingkungan,” demikian Hanna. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA