Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli, Tokoh Oposisi Kritis Yang Konsisten Dan 'Ahli Nujum' Di 2020

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 31 Desember 2020, 22:43 WIB
Rizal Ramli, Tokoh Oposisi Kritis Yang Konsisten Dan 'Ahli Nujum' Di 2020
Ilustrasi ekonom senior Rizal Ramli/RMOL
rmol news logo Keberadaan oposisi sebagai check and balances terhadap kebijakan pemerintah sepanjang tahun 2020 sekaan mulai longgar. Terlebih beberapa partai politik yang sebelumnya berada di jalur di luar pemerintahan justru merapat ke Istana.

Namun di tengah kehampaan barisan oposisi, ada beberapa tokoh yang masih konsisten sebagai 'mata' rakyat untuk mengkritik dan meluruskan kebijakan-kebijakan penguasa. Salah satu tokoh yang cukup konsisten di tahun ini adalah ekonom senior Rizal Ramli.

RR, sapaan Rizal Ramli belakangan makin mendapat tempat di hati masyarakat. Dengan jurus kepretnya, RR kerap mengkritisi kebijakan pemerintahan Jokowi-Maruf, bahkan tak segan memunculkan ide-ide brilian yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Tak hanya asal mengkritik, di sektor ekonomi, mantan Menteri Ekonomi era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini kerap membuktikan ramalannya benar adanya.

Seperti prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal nyungsep di akhir tahun 2019. Bak ahli nujum, RR sudah memprediksi ekonomi terpuruk sejak akhir Maret 2019.

Saat itu, Rizal dengan tegas mengkritik kebijakan tim ekonomi Jokowi yang dipimpin Menteri Keuangan Sri Mulyani, di mana kebijakan ekonomi makro yang diterapkan menteri berpredikat terbaik dunia itu salah arah, sehingga membuat ekonomi mentok di 5 persen dan cenderung nyungsep ke 4 persen.

Kemudian ramalan RR soal gelembung gagal bayar reksadana di tahun 2020. Sejak tahun 2019, RR sudah mewanti-wanti bahwa reksa dana juga akan mengalami gagal bayar. Ujungnya, sejumlah nasabah reksadana mulai menjerit seperti yang dialami beberapa nasabah Minna Padi dan Emco Aset Manajemen.

Tak sampai di situ, mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Presiden Joko Widodo di periode pertama ini juga rajin mengkritik bahwa tim ekonomi Jokowi tidak kredibel mengatasi masalah ekonomi hingga berada di jurang resesi.

Sepak terjang RR ini diakui betul oleh mantan Jurubicara Gus Dur Adhie Massardi. Kritikan mengenai krisis ekonomi di masa pandemi sudah mengguncang tatanan sosial politik dan ekonomi Indonesia bukan omong kosong belaka.

"Tentu saja Bang RR sudah memperhitungkan setiap kata dan setiap langkah yang dilakukannya," kata Adhie beberapa waktu lalu.

Terbaru, RR mengkritik pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melulu dengan program bantuan sosial. Kebijakan yang ditelurkan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan juga kerap keliru.

Alih-alih rajin memberikan bansos, pemerintah seharusnya membuat sebuah policy untuk mengubah mindset rakyat agar lebih makmur. Kini, keputusan untuk terus memberikan bansos justru berujung pada kasus korupsi, di mana Menteri Sosial Juliari Batubara kini berstatus tersangka korupsi bansos Covid-19.

Beragam kritik dan ide tersebut pun dinilai cukup untuk menyematkan Rizal Ramli sebagai tokoh oposisi kritis dan konsisten di tahun 2020 ini. Setidaknya demikian menurut pandangan Koordinator Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto.

"Bang RR juga tokoh yang teruji dan amanah ketika di dalam pemerintahan," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA