Rizal Ramli, Tokoh Oposisi Kritis Yang Konsisten Dan 'Ahli Nujum' Di 2020

Ilustrasi ekonom senior Rizal Ramli/RMOL

Keberadaan oposisi sebagai check and balances terhadap kebijakan pemerintah sepanjang tahun 2020 sekaan mulai longgar. Terlebih beberapa partai politik yang sebelumnya berada di jalur di luar pemerintahan justru merapat ke Istana.

Namun di tengah kehampaan barisan oposisi, ada beberapa tokoh yang masih konsisten sebagai 'mata' rakyat untuk mengkritik dan meluruskan kebijakan-kebijakan penguasa. Salah satu tokoh yang cukup konsisten di tahun ini adalah ekonom senior Rizal Ramli.

RR, sapaan Rizal Ramli belakangan makin mendapat tempat di hati masyarakat. Dengan jurus kepretnya, RR kerap mengkritisi kebijakan pemerintahan Jokowi-Maruf, bahkan tak segan memunculkan ide-ide brilian yang berpihak pada kepentingan rakyat.

Tak hanya asal mengkritik, di sektor ekonomi, mantan Menteri Ekonomi era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini kerap membuktikan ramalannya benar adanya.

Seperti prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal nyungsep di akhir tahun 2019. Bak ahli nujum, RR sudah memprediksi ekonomi terpuruk sejak akhir Maret 2019.

Saat itu, Rizal dengan tegas mengkritik kebijakan tim ekonomi Jokowi yang dipimpin Menteri Keuangan Sri Mulyani, di mana kebijakan ekonomi makro yang diterapkan menteri berpredikat terbaik dunia itu salah arah, sehingga membuat ekonomi mentok di 5 persen dan cenderung nyungsep ke 4 persen.

Kemudian ramalan RR soal gelembung gagal bayar reksadana di tahun 2020. Sejak tahun 2019, RR sudah mewanti-wanti bahwa reksa dana juga akan mengalami gagal bayar. Ujungnya, sejumlah nasabah reksadana mulai menjerit seperti yang dialami beberapa nasabah Minna Padi dan Emco Aset Manajemen.

Tak sampai di situ, mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Presiden Joko Widodo di periode pertama ini juga rajin mengkritik bahwa tim ekonomi Jokowi tidak kredibel mengatasi masalah ekonomi hingga berada di jurang resesi.

Sepak terjang RR ini diakui betul oleh mantan Jurubicara Gus Dur Adhie Massardi. Kritikan mengenai krisis ekonomi di masa pandemi sudah mengguncang tatanan sosial politik dan ekonomi Indonesia bukan omong kosong belaka.

"Tentu saja Bang RR sudah memperhitungkan setiap kata dan setiap langkah yang dilakukannya," kata Adhie beberapa waktu lalu.

Terbaru, RR mengkritik pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 yang melulu dengan program bantuan sosial. Kebijakan yang ditelurkan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan juga kerap keliru.

Alih-alih rajin memberikan bansos, pemerintah seharusnya membuat sebuah policy untuk mengubah mindset rakyat agar lebih makmur. Kini, keputusan untuk terus memberikan bansos justru berujung pada kasus korupsi, di mana Menteri Sosial Juliari Batubara kini berstatus tersangka korupsi bansos Covid-19.

Beragam kritik dan ide tersebut pun dinilai cukup untuk menyematkan Rizal Ramli sebagai tokoh oposisi kritis dan konsisten di tahun 2020 ini. Setidaknya demikian menurut pandangan Koordinator Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto.

"Bang RR juga tokoh yang teruji dan amanah ketika di dalam pemerintahan," tegasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Puting Beliung Gegerkan Wonogiri!

Rabu, 20 Januari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Membaca Bencana Lewat Politik

Kamis, 21 Januari 2021
Video

Bincang Sehat • Vaksin Covid-19 Pada Lansia

Jumat, 22 Januari 2021

Artikel Lainnya

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Menilai Banyaknya OTT Adalah Bukti Keberhasilan KPK
Politik

Survei KedaiKOPI: Mayoritas ..

25 Januari 2021 19:22
Mentan: Izin Ketua, Saya Mohon Maaf Dan Mohon Didukung
Politik

Mentan: Izin Ketua, Saya Moh..

25 Januari 2021 18:34
Sandiaga Uno Berencana Berkantor Di Bali, Pelaku Parekraf Sambut Baik
Politik

Sandiaga Uno Berencana Berka..

25 Januari 2021 18:19
Dicecar Komisi IV DPR Soal Daging Sapi, Mentan Malah Curhat
Politik

Dicecar Komisi IV DPR Soal D..

25 Januari 2021 17:59
JK Dekat Dengan Joe Biden, Syaifullah Tamlifa: Jangan-jangan Ada Juga Pejabat Yang Dekat Dengan China
Politik

JK Dekat Dengan Joe Biden, S..

25 Januari 2021 17:47
Jokowi Bakal Tebar Uang Hingga Rp 372 Triliun Untuk Tujuh Program Bansos Tahun Ini
Politik

Jokowi Bakal Tebar Uang Hing..

25 Januari 2021 17:34
Mantan HTI Dilarang Ikut Pemilu, Begini Respons PAN
Politik

Mantan HTI Dilarang Ikut Pem..

25 Januari 2021 17:31
Demi Target Besar Di 2024, PPP Subang Fokus Perkuat Kaderisasi
Politik

Demi Target Besar Di 2024, P..

25 Januari 2021 17:22