Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hikmahanto: Pengungkapan Terduga Pelaku Parodi Indonesia Raya Cegah Rusaknya Hubungan Indonesia-Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 01 Januari 2021, 20:01 WIB
Hikmahanto: Pengungkapan Terduga Pelaku Parodi Indonesia Raya Cegah Rusaknya Hubungan Indonesia-Malaysia
Hikmahanto Juwana/Net
rmol news logo Kerjasama dan kerja cepat Kepolisian Republik Indonesia dan Polisi Diraja Malaysia dalam mengungkap terduga pelaku pembuatan parodi lagu kebangsaan Indonesia Raya patut diacungi jempol.

Kedua lembaga kepolisian dua negara itu berhasil mengungkap pelaku di mana diamankan di Sabah, Malaysia dan Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

“Perlu diapresiasi kerja cepat dari Polisi Diraja Malaysia dan Polri yang berhasil mengungkap para pelakunya,” ucap guru besar hukum internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (1/1).

Bagi Hikmahanto, dengan ditangkapnya dua terduga pelaku bisa mencegah rusaknya hubungan antara Malaysia dan Indonesia.

“Kerja keras dua lembaga kepolisian beda negara ini telah berhasil mencegah rusaknya hubungan antara masyarakat ke masyarakat antar dua negara,” katanya.

Rektor Universitas Achmad Yani ini mengatakan, WNI yang berada di Malaysia tentu harus menghadapi proses hukum di Malaysia. Dalam hukum internasional prinsip ini dikenal sebagai asas teritorial.

“Asas teritorial menggariskan aparat penegak hukum yang berwenang untuk melakukan proses hukum adalah aparat penegak hukum di mana kejahatan dilakukan (locus delicti),” ucapnya.

“Kecuali otoritas Malaysia tidak berkeinginan untuk menjalankan kewenangannya maka pelaku dapat diserahkan ke otoritas Indonesia berdasarkan prinsip nasionalitas,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA