Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingatkan Sandiaga Uno, Faisal Basri: Jangan Bicara Pariwisata Dulu Sebelum Covid-19 Dibereskan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 03 Januari 2021, 14:27 WIB
Ingatkan Sandiaga Uno, Faisal Basri: Jangan Bicara Pariwisata Dulu Sebelum Covid-19 Dibereskan
Ekonom senior Faisal Basri/Net
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Sholahuddin Uno diingatkan untuk tidak mempromosikan pariwisata terlebih dahulu lantaran situasi pandemi Covid-19 yang belum membaik.

Dikatakan ekonom senior Faisal Basri, masalah krisis akibat Covid-19 yang saat ini dialami Indonesia bahkan dunia, tidak seperti krisis ekonomi sebelumnya yang bisa dikendalikan dalam beberapa kuartal saja.

“Apapun yang dilakukan pakai panadol itu udah enggak mempan, karena seperti saya katakan tadi ini beda dari sebelum-sebelumnya,” ucap Faisal acara diskusi virtual "Economic Outlook KAHMIPreneur: Vaksin Untuk Kebangkitan Pariwisata Indonesia", Minggu (3/1).

“Jadi, penanganannya adalah bagaimana menekan mobilitas manusia,” imbuhnya.

Faisal menilai ada kesalahan dalam kebijakan pemerintah dalam mengelola sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 ini. Katanya, promosi pariwisata justru akan membuat penyebaran Covid-19 meluas.

“Pemerintah promosi pariwisata dulu, kalau Pak Sandiaga Uno nanti, jangan bicara promosi pariwisata, nanti kalau promosi pariwisata sebentar lagi tiket pesawat didiskon, airport tax digratiskan, kan itu mendorong orang berpergian, padahal Covid-19 belum dibereskan,” katanya.

“Jadi tolong Pak Sandi, jangan promosi pariwisata,” tegasnya lagi.

Faisal meminta agar Sandiaga menyiapkan infrastruktur pariwisata yang kokoh seperti memberikan jaminan kepada wisatawan dalam bidang kesehatan. Sehingga ke depan pariwisata Indonesia akan cepat pulih.

“No way untuk promosi pariwisata di masa sekarang ini wong kita lagi krisis kesehatan kok. Jadi yang bikin ulah ini pemerintah sendiri, maaf ya kalau saya ngomongnya blak-blakan begini, ngasih diskon pesawatlah bebas airport tax gitu-gitu," bebernya.

"Nah, jadi ayo kita bantu dana-dana untuk sektor pariwisata yang UMKM yang langsung terdampak,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA