Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Husnan Bey: Indonesia Mendukung Penuh Kemerdekaan Seluruh Wilayah Azerbaijan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 03 Januari 2021, 22:17 WIB
Husnan Bey: Indonesia Mendukung Penuh Kemerdekaan Seluruh Wilayah Azerbaijan
Husnan Bey Fananie, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan periode 2016-2020 saat menerima kunjungan International Politics Forum (IPF)/Ist
rmol news logo Indonesia mendukung penuh kemerdekaan seluruh wilayah Arzebaijan dari penjajahan sesuai dengan amanat UUD 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Begitu dikatakan Husnan Bey Fananie, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan periode 2016-2020 saat menerima kunjungan International Politics Forum (IPF).

Salah satu bahasan dalam pertemuan itu adalah konflik yang terjadi di wilayah Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

Direktur Eksekutif IPF, Aprilian Cena mengatakan, bahwa dukungan Indonesia pada Azerbaijan bukan sekadar amanat konstitusi. Tetapi, juga pada rekam jejak sejarah.

“Titik temu antara Indonesia dan Azerbaijan adalah faktor historis dari keterlibatan kedua negera ini dalam menciptakan gerakan non blok di masa Perang Dingin," ujar Cena dalam keterangannya, Minggu (3/1).

Hal tersebut pun diamini Husnan Bey Fananie. Hingga saat ini, kata dia, hubungan kedua negara memiliki beberapa fokus, antara lain investasi, kemitraan perdagangan, dan energi dalam hal ini minyak mentah.

"Adanya kerjasama bilateral di bidang perdagangan semakin meningkat setiap tahun, namun kerjasama ini lebih cocok untuk Azerbaijan karena pentingnya minyak bagi Indonesia," katanya.

Lanjutnya, Indonesia dan Azerbaijan juga memiliki kerjasama dalam bidang kebudayaan. Salah satunya melalui The Indonesian Cultural Festival (ICF).

"Tidak hanya sebagai ajang pengenalan budaya Indonesia saja, melalui ICF secara implisit Indonesia juga melakukan nation branding di Azerbaijan. Hal ini akan berdampak positif pada enam sektor di Indonesia yaitu pariwisata, pemerintahan, investasi, ekspor, people, dan culture and heritage," jelasnya.

Sambung Husnan, salah satu kerjasama yang saat ini sedang ditingkatkan adalah bidang pariwisata berupa visa masuk gratis bagi pemegang paspor Azerbaijan.

"Visa masuk gratis bagi pemegang paspor Azerbaijan dan farm trip berupa Trade Expo Indonesia yang memuat pengusaha asal Azerbaijan di Indonesia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA