Husnan Bey: Indonesia Mendukung Penuh Kemerdekaan Seluruh Wilayah Azerbaijan

Husnan Bey Fananie, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan periode 2016-2020 saat menerima kunjungan International Politics Forum (IPF)/Ist

Indonesia mendukung penuh kemerdekaan seluruh wilayah Arzebaijan dari penjajahan sesuai dengan amanat UUD 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Begitu dikatakan Husnan Bey Fananie, Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan periode 2016-2020 saat menerima kunjungan International Politics Forum (IPF).

Salah satu bahasan dalam pertemuan itu adalah konflik yang terjadi di wilayah Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

Direktur Eksekutif IPF, Aprilian Cena mengatakan, bahwa dukungan Indonesia pada Azerbaijan bukan sekadar amanat konstitusi. Tetapi, juga pada rekam jejak sejarah.

“Titik temu antara Indonesia dan Azerbaijan adalah faktor historis dari keterlibatan kedua negera ini dalam menciptakan gerakan non blok di masa Perang Dingin," ujar Cena dalam keterangannya, Minggu (3/1).

Hal tersebut pun diamini Husnan Bey Fananie. Hingga saat ini, kata dia, hubungan kedua negara memiliki beberapa fokus, antara lain investasi, kemitraan perdagangan, dan energi dalam hal ini minyak mentah.

"Adanya kerjasama bilateral di bidang perdagangan semakin meningkat setiap tahun, namun kerjasama ini lebih cocok untuk Azerbaijan karena pentingnya minyak bagi Indonesia," katanya.

Lanjutnya, Indonesia dan Azerbaijan juga memiliki kerjasama dalam bidang kebudayaan. Salah satunya melalui The Indonesian Cultural Festival (ICF).

"Tidak hanya sebagai ajang pengenalan budaya Indonesia saja, melalui ICF secara implisit Indonesia juga melakukan nation branding di Azerbaijan. Hal ini akan berdampak positif pada enam sektor di Indonesia yaitu pariwisata, pemerintahan, investasi, ekspor, people, dan culture and heritage," jelasnya.

Sambung Husnan, salah satu kerjasama yang saat ini sedang ditingkatkan adalah bidang pariwisata berupa visa masuk gratis bagi pemegang paspor Azerbaijan.

"Visa masuk gratis bagi pemegang paspor Azerbaijan dan farm trip berupa Trade Expo Indonesia yang memuat pengusaha asal Azerbaijan di Indonesia," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet

Selasa, 13 April 2021
Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021

Artikel Lainnya

Dukungan Masyarakat Terhadap PDIP Masih Moncer Di Survei LPPM, Demokrat Beda 0,1 Persen Dari Gerindra
Politik

Dukungan Masyarakat Terhadap..

15 April 2021 00:03
Iriana Jokowi Capres Terkuat Kedua Dari Kalangan Perempuan, Kangkangi Risma Hingga Khofifah
Politik

Iriana Jokowi Capres Terkuat..

14 April 2021 23:31
Zainuddin Maliki: Sudah Tepat Gabungkan Ristek Dengan Dikbud
Politik

Zainuddin Maliki: Sudah Tepa..

14 April 2021 23:16
Laporkan Habib Rizieq Soal Covid, Bima Arya Tepis Karena Politik
Politik

Laporkan Habib Rizieq Soal C..

14 April 2021 23:06
Temuan Survei LPPM: 79,2 Persen Publlik Menilai Arah Negara Sesuai Konstitusi
Politik

Temuan Survei LPPM: 79,2 Per..

14 April 2021 23:00
Dua Menteri Nasdem Dianggap Layak Dicopot, Ahmad Ali Pasrahkan Kepada Jokowi
Politik

Dua Menteri Nasdem Dianggap ..

14 April 2021 22:51
Making Indonesia 4.0 Perlu Disokong SDM Yang Unggul
Politik

Making Indonesia 4.0 Perlu D..

14 April 2021 22:43
Tidak Mau Ada Sistem Ecer Di Pengelolaan APBD, Jokowi Ke Kepala Daerah Yang Baru: Buat Dua Atau Tiga Program Prioritas Saja
Politik

Tidak Mau Ada Sistem Ecer Di..

14 April 2021 22:34