Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Politik 2021, Rocky Gerung: Emak-emak Akan Cemas Seperti Era Orde Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 04 Januari 2021, 01:53 WIB
Politik 2021, Rocky Gerung: Emak-emak Akan Cemas Seperti Era Orde Baru
Filsuf Rocky Gerung/RMOL
rmol news logo Keadaan politik Indonesia di tahn 2021 dinilai akan berjalan mengkhawatirkan.

Bahkan filsuf, Rocky Gerung mengatakan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti KontraS, LBH, Amnesty Internasional dan beberapa lainnya telah bersiap-siap menghadapi keadaan politik di Indonesia dengan pengetatan kekerasan.

"Mereka biasa pakai istilah pengendalian stabilisasi politik. Tetapi intinya sama, bahwa semua khawatir dengan keadaan politik kita," ujar Rocky Gerung seperti dikutip dari akun YouTube Rocky Gerung Official, Minggu (3/1).

Tak hanya LSM, kekhawatiran juga diyakini akan dirasakan masyarakat sipil seperti kaum emak-emak. Hal itu berkenaan dengan pengaktifan polisi siber oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Apalagi, dengan adanya sikap pemerintah yang telah membubarkan dan melarang kegiatan organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI).

"Emak-emak dalam kecemasan baru sekarang. Karena menganggap bahwa WA mereka akan di-sweeping, Siber Polisi akan masuk ke WA emak-emak untuk tahu siapa yang pernah berkunjung ke Petamburan, siapa yang masih nyimpen kaos FPI," kata Rocky.

Bila hal tersebut benar terjadi, maka ia pun menilai situasi ke depan akan sama halnya seperti rezim masa lalu di era orde baru.

"Itu hidup dalam kecemasan. Jadi kita ada di dalam Republik yang penuh dengan kecemasan," pungkas Rocky. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA