Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pak Tua Yang Ditemui Risma Dikuliti Warganet, Bukan Gelandangan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 07 Januari 2021, 00:20 WIB
Pak Tua Yang Ditemui Risma Dikuliti Warganet, Bukan Gelandangan?
Unggahan warganet pemilik akun Wendra Setiawan/Repro
rmol news logo Aksi blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di sejumlah titik di Jakarta menuai kontroversi.

Pasalnya, wanita yang akrab di sapa Risma itu melakukan aksi blusukan dengan menemui Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Jalan Sudirman-Thamrin yang notabene kawasan elite Ibukota.

Salah satu gelandangan yang ditemui Risma adalah seorang pria paruh baya dengan rambut berwarna putih. Pria itu tampak duduk di emperan ruko beralaskan kardus.

Risma tampak berbincang dengan pria yang mengenakan kaus putih kumal dan topi berwarna hitam itu. Di belakang pria tersebut, tampak pintu geser toko berwarna merah.

Cerita di balik foto pertemuan Risma dengan pria paruh baya itu pun dikuliti oleh warganet. Salah satunya dilakukan warganet pemilik akun Twitter @herditiya1.

"Lokasi gembel binaan Risma terlacak," tulis @herditiya1 dalam unggahannya, yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Rabu (6/1).

Dalam cuitannya itu, @herditiya1 juga mengunggah dua foto. Satu foto merupakan tangkap layar percakapan warganet di kolom komentar Facebook. Sementara foto kedua tangkap layar sebuah kios penjual poster.

Pada foto pertama, warganet Facebook bernama Adhe Idol membeberkan identitas pria paruh baya yang ditemui Risma. Ia menuturkan, pernah menemui pria tersebut di Jalan Minangkabau, Manggarai.

"Kalau yang menghadap ke depan atau yang rambutnya putih/ubanan, kayak kenal. Itu tukang jualan poster Soekarno, memang dia orang PDIP. Lokasi jualannya Jalan Minangkabau, Manggarai. Selain itu dia juga jualan kelapa muda, terciduk juga," tulis Adhe Idol yang diunggah akun @herditiya1.

Tak hanya menuliskan analisanya, ia juga menganjurkan warganet lain yang berkomentar untuk datang ke lokasi yang dimaksud guna membuktikan.

Sementara, dalam foto kedua yang diunggah @herditiya1, tampak gambar tangkap layar sebuah kios penjual beraneka poster. Keterangan lokasi pada foto itu ada di Jalan Minangkabau Timur, Jakarta Selatan.

"Jangan banyak akting di Jakarta, Bu. Ahok kemarin jungkir balik akhirnya ngungsep," tandasnya mengakhiri cuitan itu.

Foto tentang pria paruh baya yang ditemui Risma itu juga diunggah warganet lain pemilik akun Facebook Wendra Setiawan.

Ada dua foto yang diunggah Wendra. Pertama foto pria itu sedang berbincang dengan Risma. Sedangkan foto kedua adalah seorang pria yang mirip dengan yang ditemui Risma tampak sedang makan di warung bersama temannya.

Kantor Berita RMOLJakarta juga sebelumnya melakukan penelusuran di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta pada Selasa kemarin (5/1). Pada penelusuran itu, RMOL menemui dan berbincang dengan seorang wanita pengumpul kardus yang mengaku bernama Ida (55 tahun).

Dalam perbincangan, Ida mengaku sudah satu tahun terakhir singgah di persimpangan Jalan Baturaja dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Kata Ida, ia biasa duduk di sisi kiri trotoar pada siang menjelang sore hari. Namun Ida menegaskan tidak pernah tidur di lokasi tersebut.

Terpisah, Pemerintah Kota Jakarta Pusat telah menjaring sebanyak 29 PMKS dalam operasi yang dilakukan pada Selasa malam (5/1) hingga Rabu dinihari (6/1).

Menurut Kepala Seksi PPNS dan Operasional Satpol PP Jakarta Pusat, Gatra Pratama Putra, operasi tersebut dilakukan di delapan titik ruas jalan, termasuk Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin.

"Mereka yang terjangkau terdiri dari 24 pria dan lima perempuan. Mereka kami bawa ke GOR Benhil untuk didata petugas Sudin Sosial," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA