Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR RI Prihatin Atas Kericuhan Di Kongres AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 07 Januari 2021, 14:29 WIB
DPR RI Prihatin Atas Kericuhan Di Kongres AS
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin/Net
rmol news logo Pimpinan DPR RI perihatin atas kericuhan di Gedung Capitol, tempat berlangsungnya kongres menggelar sidang penghitungan suara elektoral untuk pemilihan presiden Amerika Serikat (AS)

Para pendukung Presiden Donald Trump menduduki gedung kongres dan bertindak anarkis. Hingga berujung pada tertundanya sidang dengar pendapat hasil pilpres AS 2020.

"DPR RI turut prihatin tindakan anarkis oleh pendukung kandidat tertentu terhadap rumah parlemen (Capitol Hill) yang berdampak pada diskursus supremasi hukum Amerika Serikat,” ucap Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, kepada wartawan, Kamis (7/1).

Menurutnya, tindakan para demonstran tersebut tidak bisa dibenarkan dan sangat tidak terpuji.

Azis menyampaikan keprihatinannya lantaran Amerika Serikat memiliki fondasi demokrasi yang sangat kuat. Sehingga, sangat disayangkan tindakan anarkis yang terjadi oleh kelompok kerumunan tersebut.

“Kita harapkan legitimasi proses hukum pengumpulkan hasil Pilpres AS tahun 2020 dapat segera teratasi sesuai dengan norma-norma demokrasi dan mekanisme hukum setempat,” ujarnya.

Legislator Fraksi Golkar ini menilai, tindakan anarkis itu sebagai tindakan melawan hukum yang patut ditindak tegas sesuai dengan mekanisme hukum setempat.

"Kebebasan menyampaikan pendapat sudah selayaknya menghormati terhadap tanggung jawab konstitusi dan hukum perundang-undangan yang harus diikuti serta demi tegaknya Keadilan. Kemenangan demokrasi secara etis dibangun dengan kesopanan, kehormatan, integritas dan hukum,” tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA