Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Uno Bangun Ekosistem Pariwisata Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 08 Januari 2021, 22:36 WIB
Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Uno Bangun Ekosistem Pariwisata Lokal
Sandiaga Salahudin Uno/Net
rmol news logo Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan serius mendorong industri pariwisata sekaligus ekosistemnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan, membaiknya industri pariwisata, dianggapnya dapat meningkatkan ekonomi kreatif.

"Ekonomi kreatif ini akan tumbuh jika sektor pariwisata juga bisa membangun ekosistemnya, terutama pariwisata lokal," kata Sandiaga, Jumat (8/1).

Pasalnya, menurut Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu, lapangan pekerjaan yang diserap oleh sektor pariwisata sangat banyak.

Oleh karena itu, butuh kerja sama atau kolaborasi dari seluruh stakeholders, termasuk masyarakat.

"Hal utama yang paling mudah dan perlu dilakukan bersama adalah tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik," ujarnya.

Selain kolaborasi, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan, inovasi dan adaptasi juga diperlukan untuk memajukan pariwisata lokal.

"Kita harus lebih inovatif dan harus kita lakukan dalam kesiapan produk-produk pada setiap destinasi wisata di Tanah Air," kata dia.

Sandiaga menilai, destinasi wisata di Indonesia harus memenuhi syarat protokol Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau memenuhi dari segi Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan (K4).

Pada intinya, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Gerindra ini optimis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan segera bangkit.

"Kita yakin bahwa lapangan kerja yang sempat hilang akan tercipta kembali. Tahun ini akan menjadi awal kebangkitannya," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA