Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Diminta Serius Selesaikan PR Keselamatan Penumpang Pesawat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 11 Januari 2021, 07:25 WIB
Pemerintah Diminta Serius Selesaikan PR Keselamatan Penumpang Pesawat
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin/Net
rmol news logo Pemerintah diminta untuk dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan transportasi penerbangan.

Permintaan disampaikan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin untuk menanggulangi peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu yang mengangkut 62 penumpang beserta kru maskapai.

"Belum lama peristiwa maskapai Lion Air di Karawang, saat ini peristiwa maskapai Sriwijaya. Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah untuk lebih serius memprioritaskan keselamatan para penumpang di bidang transportasi udara," kata Azis Syamsuddin.

Wakil ketua umum Partai Golkar ini berharap peristiwa serupa tidak terulang lagi dikemudian hari. Terutama pada transportasi udara.

"Semoga peristiwa seperti ini tidak terulang kembali dalam dunia penerbangan Indonesia," harapnya.

Legislator asal Lampung ini juga ingin pemerintah dapat bersikap tegas terhadap maskapai jika terbukti melakukan kelalaian.

Begitu juga pihak maskapai dapat melakukan evaluasi dan melakukan pembelajaran dari peristiwa peristiwa penyebab jatuhnya pesawat dengan  mengacu hasil investigasi resmi yang dilakukan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Pilot dan teknisi ke depannya dapat memperhatikan kerusakan atau masalah apa saja yang kerap menjadi salah satu penyebab jatuhnya pesawat, perkembangan tekhnologi tentunya akan mempermudah dengan selalu melakukan maintenance secara berkala," tuturnya.

"Regulator dunia penerbangan juga perlu memperhatikan agar semua maskapai secara sungguh-sungguh menjalankan SOP. Kalau perlu diaudit," demikian Azis Syamsuddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA