Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jarang Urusi Kebijakan Pemerintah, Susi Pudjiastuti Kini Muncul Mengkritik Subsidi Komoditas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 12 Januari 2021, 18:12 WIB
Jarang Urusi Kebijakan Pemerintah, Susi Pudjiastuti Kini Muncul Mengkritik Subsidi Komoditas
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Net
rmol news logo Pemerintah diminta melakukan pembenahan terkait subsidi untuk komoditas yang dinilai tak tepat sasaran.

Hal tersebut disampaikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menanggapi kegeraman Presiden Joko Widodo yang mendapati subsidi pupuk oleh pemerintah tak berdampak signifikan terhadap komoditas pangan dalam negeri.

"Stop semua jenis subsidi yang berupa comodity/barang karena selalu disalahgunakan," kata Susi di akun Twitternya, Selasa (12/1).

Susi yang terbilang mulai jarang mengurusi kebijakan pemerintah ini berpandangan, subsidi komoditas yang selama ini diterapkan tak berjalan sesuai harapan. Pemilik maskapai Susi Air itu pun mengusulkan kepada pemerintah untuk mengubah skema subsidi barang dengan bantuan tunai.

"Yang dapat akhirnya yang tidak berhak. Ganti saja dengan ketersediaan bibit gratis atau bantuan tunai. Bangun data penerima yang sebenar-benarnya. Please," tandasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Jokowi mempertanyakan hasil subsidi pupuk yang dikeluarkan hingga lebih dari Rp 30 triliun setiap tahun.

"Setahun kita subsidi pupuk Rp 30-an triliun. Return-nya apa? Kita beri subsidi pupuk kembaliannya apa? Apakah produksi melompat naik?" kata Presiden Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2021, Senin (11/1). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA