Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arteria Dahlan: Aset Terbaik Polri, Mas Sigit Pribadi Yang Sederhana Dan Bersahaja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 13 Januari 2021, 19:14 WIB
Arteria Dahlan: Aset Terbaik Polri, Mas Sigit Pribadi Yang Sederhana Dan Bersahaja
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan/Net
rmol news logo Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo yang diajukan Presiden Joko Widodo melalui Surat Presiden (Surpres) kepada DPR, merupakan aset terbaik Korps Bhayangkara. Karena itu, pilihan Presiden itu dinilai sangat tepat dan beralasan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan dalam keterangannya yang diterima redaksi, Rabu (13/1).

"Saya melihat pilihan Pak Jokowi ke Komjen Listyo Sigit sangat tepat dan cukup beralasan dan telah mempertimbangkan banyak hal. Mas Sigit itu kan aset terbaik polri," kata Arteria Dahlan.

Arteri menegaskan, sejak awal dirinya mendukung penuh siapapun yang akan dipilih oleh Presiden untuk menjadi calon Kapolri untuk selanjutnya diuji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR.

"Bukan hanya karena Partai PDI Perjuangan sebagai partai pendukung pemerintah yang berarti kita mendukung semua kebijakan atau keputusan yang diambil Presiden. Tapi, kami memiliki pengalaman panjang bagaimana karakteristik kepemimpinan Pak Jokowi," tegasnya.

"Saya melihat pilihan Pak Jokowi ke Komjen Listyo Sigit sangat tepat dan cukup beralasan dan pastinya merupakan keputusan yang terbaik," imbuh Arteria.

Menurut politisi muda PDI Perjuangan ini, figur Listyo Sigit merupakan aset yang dimiliki institusi kepolisian. Mulai dari kepribadiannya yang sederhana, pekerja sekaligus pemimpin yang bersahaja dan rendah hati. Kontrol emosinya pun sangat baik, dan cenderung tidak senang menonjolkan diri.

"Secara integritas, memiliki rekam jejak yang sangat luar biasa sekaligus segudang capaian prestasinya, termasuk juga bagaimana beliau melakukan pembenahan di Bareskrim Mabes Polri," tuturnya.

Secara kompetensi, Listyo Sigit tidak perlu diragukan lagi kemampuannya di setiap penugasan yang diemban serta kemampuannya dalam menerjemahkan fungsi-fungsi kepolisian, menjalankan misi reformasi institusi Polri.

"Secara emosional, beliau memiliki kedekatan emosional dengan Presiden, beliau pernah menjadi ajudan Pak Jokowi, sebelumnya pernah memiliki kesejarahan panjang saat di Solo. Dan Presiden merasa 'nyaman' dan 'aman' dengan Mas Sigit. Beliau 'terlayani dengan baik' dan Mas Sigit sepertinya paham betul apa yang menjadi keinginan Pak Jokowi," ucap Arteria.

"Ini yang menjadi pembeda dibandingkan dengan kompetitor yang lain," sambungnya.

Selain itu, masih kata Arteria, rentang waktu kepemimpinan Listyo Sigit yang panjang ini juga dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan visi Polri yang "Profesional, Modern dan Terpercaya" (Promoter). Jadi, tidak lagi disibukkan untuk gonta-ganti Kapolri setiap tahun.

"Tidak ada ruang untuk main gerbong sana gerbong sini, semua satu gerbong di bawah kepemimpinan Kapolri. Saya yakin Mas Sigit mampu menjawab tantangan itu," ujarnya.

Namun demikian, Arteria menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir, DPR tetap bekerja serius dalam melakukan fit and proper test. Sebagaimana diamanatkan Ketua DPR RI Puan Maharani, Komisi III DPR akan memastikan pemenuhan persyatan administrasi, kompetensi, profesionalisme dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD NRI 1945.

"Pastinya saya mendukung penuh dan mengawal keinginan dan keputusan Presiden mencalonkan Mas Sigit menjadi Kapolri," demikian Arteria Dahlan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA