Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Teratas, AHY Coba Mengejar, Prabowo Dan Mega Di Bawah 10 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 14 Januari 2021, 22:16 WIB
Airlangga Teratas, AHY Coba Mengejar, Prabowo Dan Mega Di Bawah 10 Persen
Airlangga Hartarto dan Agus Harimurti Yudhoyono/Net
rmol news logo Pemilihan Presiden 2024 memang masih lama, kurang dari empat tahun lagi. Tapi siapa figur yang bakal tampil sudah mulai diperbincangkan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hampir semua lembaga survei, setiap melakukan penjajakan pendapat, selalu memunculkan elektabilitas partai politik, dan memotret elektabilitas calon presiden.

Dengan pertanyaan terbuka kepada responden, siapa yang akan dipilih jika pilpres dilakukan sekarang, berurutan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, yang selalu memuncaki klasemen dengan elektabilitas tertinggi.

Inilah hasil potretan berbagai lembagai survei dalam beberapa bulan terakhir.

Lewat polling Twitter (13-14 Januari 2021), Kantor Berita Politik RMOL mencoba "mempersempit" pertanyaan. Yaitu menyodorkan empat nama ketua umum parpol.

Tiga ketum parpol besar, dan satu ketum dari luar pemerintahan.

Yaitu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Polling dengan tagar #TwitPol24Jam ini diikuti atau dipilih oleh 4.310 suara. Hasilnya, Airlangga mengantongi elektabilitas teratas yaitu 58,6 persen, disusul AHY 32,6 persen.

Adapun Prabowo dan Mega di bawah 10 persen, masing-masing 6,2 persen dan 2,7 persen.

"Pilpres 2024 masih lama. Tapi sudah ramai dibicarakan. Dengan asumsi pemimpin partai berpeluang besar, menurut Anda siapa dari empat ketua umum parpol ini yang pantas jadi presiden RI? (Nama sesuai alfabet). Nama lain silakan isi di kolom komentar," begitu pertanyaan kepada warganet yang diposting di akun @rmol_id.

Warganet memilih (4.310 suara):

Agus H. Yudhoyono 32,6 persen
Airlangga Hartarto 58,6 persen
Megawati Soekarnoputri 2,7 persen
Prabowo Subianto 6,2 persen.

Selain empat nama itu, netizen juga mengusulkan bebrapa nama. Seperti, Presiden PKS Ahmad Saikhu, Anies Baswedan, Moeldoko, Gatot Nurmantyo, Susi Pudjiastuti, Sultan Hamengkubuwana X, Ganjar Pranowo, Rizal Ramli, Tri Rismaharini, hingga Gibran Rakabuming Raka, dan Bobby Nasution.

Polling yang dibuka sejak Rabu kemarin (13/1) dan ditutup Kamis petang ini dikomentari 4.310 kali, diretweet 104, dan disukai 104 orang juga.

Polling ini sendiri bukan survei ilmiah sebagaimana dilakukan oleh lembaga survei kredibel. Polling hanya sebatas merekam dinamika warganet tentang kecenderungan terhadap kandidat calon presiden, khusunya empat nama di atas.

Sementara warganet yang menjadi pemilih dalam polling ini tidak bisa diverifikasi faktual, apakah menggunakan akun asli atau tidak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA