Farah.ID
Farah.ID

Willy Aditya: Pilkada Sebagai Stepping Stone Parpol Menuju Pilpres 2024

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 15 Januari 2021, 01:06 WIB
Willy Aditya: Pilkada Sebagai Stepping Stone Parpol Menuju Pilpres 2024
Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya/Net
Pilkada Serentak 2020 hanya sebatas stepping stone atau pijakan untuk mengukur sejauh mana basis kepartaian menuju Pilpres 2024.

Begitu yang dikatakan Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya dalam acara diskusi virtual Biotik yang diselenggarakan oleh Party Watch Institute bertema "Kesiapan Partai Politik Menuju 2024", Kamis malam (14/1).

“Tentu pilkada sebagai stepping stone ya untuk mengukur sejauh apa kemudian basis kepartaian dan program kepartaian itu semacam cermin bagaimana partai memenangkan (kontestasi),” ucap Willy.

Menurutnya, pilkada itu seperti nira yang dimiliki oleh seluruh partai lantaran adanya koalisi antar partai untuk memenangkan calon kepala daerah.

“Tapi, pilkada tetap nira itu milik ramai-ramai jadi bukan klaim satu dua partai. Mungkin sangat kecil sekali kalau diusung sendiri tapi kalau terjadi, dia menjadi power sharing,” katanya.

Dia menambahkan, jika pilkada dikatakan sebagai kekuatan, maka partai itu diartikan sebagai cermin yang harus dilihat dari pendekatan proximitynya.

“Itu penting ya walaupun sekarang demokrasi kita sangat tergantung pada pendekaran figuritas ketika dia memiliki kaki yang kuat ketika nasdem memenangkan Ridwan Kamil di Jabar itu suara Nasdem naik secata signifkan. Itu efek domino atau coat tail effect-nya luar biasa,” tandasnya.