Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno: Dengan Pendekatan Tekonologi, Kontribusi Parekraf Bakal Naik Hingga 15 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 15 Januari 2021, 02:21 WIB
Sandiaga Uno: Dengan Pendekatan Tekonologi, Kontribusi Parekraf Bakal Naik Hingga 15 Persen
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno/Net
rmol news logo Pendeketan teknologi diyakini bakal mendongkrak kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap ekonomi Indonesia hingga 15 persen.

Begitu dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno dalam diskusi How Technology is Driving Changes in Indonesia 2021, Kamis (14/1).

"Dengan adanya teknologi digital ini saya sangat optimistis, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sekarang tumbuh 5-10 persen, akan berkontribusi menjadi 10 hingga 15 persen untuk ekonomi kita," kata Sandiaga.

Mengawali tugasnya sebagai Menparekraf, Sandiaga sudah menargetkan 5,6 persen kontribusi sektor parekraf terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Target lainnya adalah dari sisi tenaga kerja, di mana penggabungan sektor parekraf diharapkan dapat menyerap 34 juta tenaga kerja.

Untuk mencapai target tersebut, Sandiaga mengatakan dibutuhkan penguasaan teknologi digital bagi pelaku industri Parekraf.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menambahkan, dengan adanya sistem Artificial Intelligence (AI) hingga big data, jenis pekerjaan baru juga dapat muncul untuk sektor Parekraf.

Kata mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini, 9 juta orang dapat terserap industri baru itu.

Dia mencontohkan startup unicorn yakni Traveloka yang mampu berkontribusi untuk sektor Parekraf Indonesia melalui penjualan tiket pesawat, akomodasi, dan hiburan lainnya.

Sandiaga ingin ada lebih banyak startup lokal yang muncul untuk mendukung sektor Parekraf.

"Sekarang kami mencari pemimpin sektor teknologi dan ekonomi digital untuk juga bekerja sama. Orang mengatakan teknologi menghancurkan pekerjaan manusia tapi dari sektor kami, kami melihat teknologi akan membuat pekerjaan di pariwisata dan ekonomi kreatif berkualitas lebih baik," kata Sandiaga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA