Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menparekraf Sandiaga: Ajang MotoGP Harus Jadi Peluang Akselerasi UMKM Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 15 Januari 2021, 23:44 WIB
Menparekraf Sandiaga: Ajang MotoGP Harus Jadi Peluang Akselerasi UMKM Tanah Air
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mencoba produk UMKM Mandalika/Ist
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno berkomitmen akan memberikan kemudahan untuk pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam gelaran event MotoGP 2021.

Hal itu diungkapkan Sandi saat berdialog dengan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat malam (15/1).

Sandi menyebut akan menggandeng berbagai pihak untuk memberikan keleluasaan kepada parekraf untuk ajang promosi.

“Saya tadi sudah berbicara dengan teman-teman Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan pemda setempat. Kita harus berpihak pada UMKM kita," tegas Sandiaga.

"Jadi jangan sampai peralatan MotoGP ini hanya eksklusif tapi tidak berpihak ke UMKM kita,” imbunya.

Sandi menyampaikan bahwa event besar MotogGP harus benar-benar dimanfaatkan oleh parekraf di Nusa Tenggara Barat terutama dalam memberdayakan UMKM tanah air.

“Semua yang terlibat (dalam event MotoGP)  harus mau di tata dengan baik dan harus mau diberdayakan,” katanya.

Oleh karena itu, Sandiaga punya tiga program untuk mewujudkan hal tersebut yaitu inovasi, beradaptasi dan kolaborasi. Tiga program ini akan jadi ‘senjata’ untuk membangkitkan Parekraf terkhusus pada gelaran event MotoGP 2021.

“Kita gabungkan semua ini, ada beberapa program yang sudah berjalan seperti bedakan, hibah desain dan akselerasi. Itu yang kita harapkan dapat meningkatkan kualitas produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif di mandalika,” jelasnya.

“Nah program-program seperti inilah yang kita canangkan maka hari ini kita menyapa para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya memberi motivasi ke mereka agar mereka menyiapkan diri, naik kelas dan ikut bisa merasakan peningkatan usahanya, bisnisnya seiring dengan perhelatan MotoGP 2021 yang akan dilakukan insya Allah di bulan Oktober tahun ini,” urainya.

Dalam acara ini, hadir perwilakan dari pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, dijajakan juga UMKM khas Mandalika seperti Lombok Mutiara Sekarbela, Naung Songket, Lombok Pottery dan Bale Rattan Lombok. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA