Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komjen Listyo Sigit Di Mata JBMI: Cerminkan Bhinneka Tunggal Ika dan Semangat Dalihan Natolu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 16 Januari 2021, 12:37 WIB
Komjen Listyo Sigit Di Mata JBMI: Cerminkan Bhinneka Tunggal Ika dan Semangat <i>Dalihan Natolu</i>
Komjen Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI didukung oleh Jam'yah Batak Muslim Indonesia (JBMI).

Sekretaris Jenderal JBMI, Arif Marbun mengatakan, penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo mencerminkan semangat kebhinnekaan di Indonesia.

"Terpilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri merupakan cerminan kebhinnekaan di Indonesia," ujar Arif Marbun dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (16/1).

Selain itu, menurut Rois Am Forum Santri Nasional ini, penunjukkan Komjen Listyo Sigit Prabowo juga sejalan dengan semangat Dalihan Natolu dalam budaya batak.

"Inti ajaran Dalihan Natolu adalah kaidah moral berisi ajaran saling menghormati (masipasangapon) dengan dukungan kaidah moral saling menghargai dan menolong," ungkapnya..

Arif Marbun menyatakan, JBMI menghormati dan mendukung keputusan Presiden Jokowi. Karena menurutnya penunjukan calon Kapolri merupakan hak preogratif Presiden.

"Presiden, bagaimanapun memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz yang akan segera pensiun akhir Januari ini," tuturnya.

"Kami berharap dan percaya Kapolri yang baru nanti mampu memimpin Polri dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai amanat undang-undang. Kami yakin Polri tetap mengawal kebhinnekaan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkas Arif Marbun.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA