Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenang Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo, Mahfud MD: Beliau Guru Militer Saya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 16 Januari 2021, 22:42 WIB
Kenang Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo, Mahfud MD: Beliau Guru Militer Saya
Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo/Net
rmol news logo Menko Polhukam Mahfud MD turut berduka atas meninggalnya sesepuh TNI dan salah seorang putra terbaik bangsa, Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo, Sabtu sore (16/1).

Sayidiman kelahiran Bojonegoro, 21 September 1927 yang pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (1973-1974) ini menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebaroto, Jakarta Pusat.

"Innalillah wa innailaihi raji'un. Telah wafat Letjen (purn) Sayidiman Suryohadiprodjo dalam usia 94 tahun," ujar Mahfud di akun Twitter pribadinya, sesaat lalu.

Mahfud pun mengenang bagaimana sosok Sayidiman sangat berarti dalam kehidupannya. Terutama, saat dia diangkat menjadi Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Saat tahun 2000 masih tergagap-gagap karena tiba-tiba diangkat jadi Menhan oleh Presiden Gus Dur, saya sering ngundang Sayidiman, Salim Said, Hasnan Habib ke rumah saya," kenang Mahfud.

"Saya agak buta tentang TNI, maka saya undang ahli TNI dan pakar sejarah dwifungsi ABRI ke rumah untuk memberi kuliah kepada saya. Pak Sayidiman, Pak Hasnan Habib, dan Bang Salim Said adalah guru yang mengajari saya tentang militer di Indonesia," terangnya.

Mahfud pun berdoa semoga amal ibadah Sayidiman dan pengabdiannya menjadi pahala dalam menghadap Sang Pencipta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA