Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banjir Kalsel, Lokasi Calon Ibukota Baru Patut Dipikir Ulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 18 Januari 2021, 20:39 WIB
Banjir Kalsel, Lokasi Calon Ibukota Baru Patut Dipikir Ulang
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin/Net
rmol news logo Banjir yang melanda cukup dahsyat hingga memutus jalan nasional di Kalimantan Selatan dinilai akan berdampak pada semtimen publik terkait rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut pengamat politik Ujang Komarudin, fakta kerawanan bencana alam di Pulau Kalimantan juga menunjukkan ketidakcermatan pemerintah memilih lokasi ibukota baru.

Meski belum ada laporan banjir di Kalimantan Timur yang menjadi lokasi calon ibukota baru, namun banjir di Kalsel patut diwaspadai.

“Inilah yang menjadi keprihatinan kita bersama. Kaltim calon ibu kota baru, tapi (Pulau Kalimantan) kebanjiran. Ini mencerminkan pemerintah tak cermat dalam memilih calon ibukota baru,” ucap Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (18/1).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini mengatakan, pemerintah sebaiknya menutup rencana pembangunan ibukota baru di Kalimantan dan lebih fokus terhadap penanganan Covid-19.

“Lebih baik dana ibukota baru dialihkan untuk penangaman corona. Rakyat tak butuh ibukota baru, rakyat butuh pekerjaan dan makanan. Apalagi saat ini banyak bencana," jelasnya.

Di sisi lain, yang rakyat butuhkan saat ini adalah kesejahteraan. Akibat pandemi Covid-19 yang belum usai, mata pencaharian rakyat banyak yang hilang.

"Rakyat butuh makan. Tak aneh dan tak heran jika ada bantuan yang dijarah di tengah jalan karena rakyat lapar,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA