Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerahkan Banser Bantu Korban Bencana, GP Ansor Serukan Solidaritas Kemanusiaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 19 Januari 2021, 03:33 WIB
Kerahkan Banser Bantu Korban Bencana, GP Ansor Serukan Solidaritas Kemanusiaan
Beberapa anggota Bagana sedang menjalankan tugas membantu masyarakat di lokasi banjir/Ist
rmol news logo Merespons rentetan bencana yang terjadi di beberapa wilayah, Gerakan Pemuda Ansor mengerahkan anggotanya untuk membantu korban terdampak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Wakil Ketua Umum GP Ansor Mohamad Haerul Amri mengatakan, sesaat terjadinya bencana Pimpinan Pusat GP Ansor langsung mengerahkan anggota Barisan Ansor Serba Guna Tanggap Bencana (BAGANA) untuk mendatangi lokasi untuk membantu para korban terdampak.

Pria yang karib disapa Aam ini mengatakan, salah satu lokasi yang menjadi perhatian GP Ansor adalah gempa di Sulawesi Barat. Banser dari berbagai daerah sekitar seperti di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah langsung dikerahkan untuk membantu untuk menolong korban.

Bentuk bantuannya, diantaranya membantu mengangkat puing reruntuhan, membantu menyebarkan logistik makanan dan berbagai bentuk lainnya.

"Ansor sudah mengirim bantuan personel ke Mamuju dan Majene dari Ansor terdekat seperti Sulsel dan Sulteng," demikian kata Aam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa dini hari (19/1).

Selain itu, Aam mengatakan, GP Ansor juga sudah menginstruksikan agar pengurus di seluruh daerah menggalang donasi dana. Dana yang terkumpul langsung disalurkan ke para terdampak bencana alam.

Dijelaskan Aam, selain gempa Sulawesi Barat, GP Ansor sejak awal sudah menerjunkan anggotanya ke beberapa lokasi bencana seperti banjir di Kalimantan Selatan, Sumedang, Jawa Barat dan juga korban erupsi Gunung Merapi dan Gunung Semeru.

"Penggalangan dana akan terus dilakukan sampai cuaca membaik. Kita berharap tidak ada musibah. Seperti banjir yang terjadi lagi di kota Manado. Kita akan terus update musibah, mudah-mudahan tidak akan terjadi bencana di daerah lain," kata Aam.

Dalam situasi bangsa Indonesia saat ini, GP Ansor mengimbau seluruh masyarakat menggalang solidaritas kemanusiaan untuk saling menolong satu sama lain.

"Kita harus galang solidaritas kemanusiaan kita sebagai anak bangsa saling bahu-membahu, menolong korban. Kita harus sabar dan berdoa pada Alloh SWT - Tuhan Yang Maha Kasih agar musibah ini segera berlalu dan tidak terjadi di daerah lain," tandas Aam.

Secara khusus, Aam mengatakan, GP Ansor meminta pemerintah untuk memperhatikan penerapan protokol kesehatan virus corona baru (Covid-19).

Aam berharap, rentetan bencana yang terjadi di berabagai daerah tidak memunculkan klaster penyebaran Covid-19

"Kita memohon stake holder agar tetap waspada agar tidak jadi klaster baru, agar masyarakat di pengungsian benar-benar diberi fasilitas yang menjamin penerapan prokes. Masyarakat akhirnya dapat bebas dari bencana tapi juga Bebas dari Covid-19," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA