Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Agar Bantuan Sampai Kepada Warga Miskin Dan Tak Punya Pekerjaan, Pemerintah Harus Gandeng RT-RW

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 19 Januari 2021, 17:58 WIB
Agar Bantuan Sampai Kepada Warga Miskin Dan Tak Punya Pekerjaan, Pemerintah Harus Gandeng RT-RW
Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto/Repro
rmol news logo Pemerintah seharusnya menggandeng pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) agar penerima bantuan sosial (bansos) bisa tepat sasaran.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto, saat menjadi narasumber di acara Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk "Berharap Bansos Tunai Tepat Sasaran" yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (19/1).

Menurut Satyo, pandemi Covid-19 yang hampir setahun terjadi di Indonesia ini mengakibatkan jumlah orang miskin serta orang yang tidak memiliki pekerjaan juga bertambah.

"Nah harusnya pola collecting data ini yang harus diubah oleh pemerintah. Dia harus bottom up. Tak bisa lagi menggunakan tenaga voluntir atau tenaga-tenaga yang sifatnya semacam petugas sensus, itu enggak bisa. Ini harus menggerakkan hirarki pemerintahan sampai tingkat yang paling bawah dari RT-RW," beber Satyo.

Karena, kata Satyo, RT dan RW merupakan pihak yang lebih mengetahui kondisi ekonomi warganya.

Apalagi, banyak warga yang merupakan pendatang di wilayah tersebut yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah akibat tidak menggunakan data dari pihak RT-RW.

"Sehingga kalau polanya top down dalam collecting data bansos ini, itu akan selalu kisruh. Dan banyak masyarakat yang tidak ter-cover, bahkan banyak kasus salah sasaran," pungkas Satyo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA