Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ada Penolakan, Komjen Sigit Akan Mulus Saat Jalani Fit And Proper Test

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 20 Januari 2021, 09:48 WIB
Tidak Ada Penolakan, Komjen Sigit Akan Mulus Saat Jalani <i>Fit And Proper Test</i>
Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo/RMOL
rmol news logo Calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di hadap Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyakini Komjen Sigit akan melewati fit and propert test ini dengan mulus. Pasalnya sejauh ini, tidak ada suara-suara penolakan terhada Kabareskrim itu dari fraksi-fraksi di DPR.

"Kita tahu DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulus di DPR RI hingga nanti menjadi Kapolri baru," ujar Ujang Komarudin dalam keterangannya, Rabu (20/1).

Namun menurut Ujang, sebagai Kapolri baru, Komjen Sigit akan menghadapi beberapa tantangan.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengatakan, dia akan menghadapi tantangan dari internal Polri dan juga pihak eksternal.

"Tantangan pertama datang dari internal. Internal kepolisian harus diperbaiki dan direformasi. Tidak hanya secara kelembagaan, tapi saya melihat banyak friksi, banyak office politiknya, banyak intrik politiknya," terang Ujang.

Menurutnya, tantangan internal ini harus diselesaikan secara smooth dan elegan. Terlebih, Komjen Sigit melewati banyak jenderal senior di internal Polri.

"Ini harus diselesaikan dengan elegan. Agar persaingan antar angkatan di internal Polri tidak terjadi," katanya.

Tantangan berikut datang dari eksternal. Sejumlah persoalan kebangsaan menanti untuk diselesaikan oleh Kapolri baru mulai dari persoalan keamanan, penegakan hukum yang banyak mendapat sorotan, ekstrimisme dan terorisme, pelanggaran HAM, korupsi dan lain-lain.

"Tantangan-tantangan ini perlu diselesaikan dengan baik oleh Kapolri baru sehingga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri bisa kembali pulih," demikian Ujang Komarudin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA