Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SBY: Transisi Kekuasaan Dibarengi Kebencian Jadi Petaka Bagi Amerika Serikat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 20 Januari 2021, 11:10 WIB
SBY: Transisi Kekuasaan Dibarengi Kebencian Jadi Petaka Bagi Amerika Serikat
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)/Net
rmol news logo Setiap pemilu ada yang menang dan ada yang kalah. Meskipun berat dan menyakitkan, siapapun yang kalah wajib menerima kekalahan dan mengucapkan selamat kepada yang menang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai hal tersebut sebagai tradisi politik dan norma demokrasi yang baik. Penilaian ini disampaikan SBY dalam menanggapi drama politik yang terjadi di Pilpres Amerika Serikat dan memetik pelajaran dari peristiwa tersebut.

“Sayangnya, sebagai champions of democracy, ini tidak terjadi di AS sekarang,” ujar SBY melalui akun Twitter pribadinya, Rabu (20/1).

Mantan ketua umum Partai Demokrat itu juga menyoroti pergantian kekuasaan yang tidak damai di Amerika Serikat. Di mana transisi kekuasaan dibarengi dengan luka, kebencian, dan permusuhan.

“Ini petaka bagi AS yang politiknya terbelah (deeply divided). Energi Biden bisa habis untuk satukan AS hadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

Sorotan SBY juga tertuju pada suasana jelang pelantikan Presiden terpilih AS, Joe Biden. Di mana kondisi di Washington DC mencekam, banyak barikade, dan dalam pengamanan ketat 25.000 tentara.

“Siapa ancamannya? Kali ini bukan musuh dari luar, seperti biasanya, tapi "teroris domestik". Ini titik gelap dalam sejarah AS. Juga warisan buruk yang ditinggalkan Trump,” tutupnya.

Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai presiden dan wakil presiden AS akan berlangsung di Washington DC pada Rabu (20/1) pada pukul 11 pagi atau tengah malam waktu Indonesia. Biden akan menyampaikan pidato kepresidenan pertamanya, sebelum hadir dalam sebuah program televisi bertajuk "Celebrating America" yang diwarnai oleh sejumlah bintang Hollywood. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA