Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelantikan Joe Biden Jadi Kesempatan Indonesia Bangun Kemitraan Yang Lebih Strategis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 21 Januari 2021, 09:17 WIB
Pelantikan Joe Biden Jadi Kesempatan Indonesia Bangun Kemitraan Yang Lebih Strategis
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani/Net
RMOL. Pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wapres Kamala Harris pada Rabu (20/1) siang waktu AS merupakan momentum bersejarah, bukan hanya untuk warga Amerika Serikat tetapi juga dunia internasional, bahkan Indonesia.

"Dalam proyeksi hubungan bilateral Indonesia-AS, pelantikan ini menjadi kesempatan untuk membangun penguatan hubungan maupun kemitraan yang lebih strategis antar kedua negara," ujar anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani kepada wartawan, Kamis (21/)

Christina mengatakan, beberapa aspek yang menjadi perhatian terkait bilateral Indonesia-AS. Di antaranya menyangkut janji kampanye Presiden Biden mendorong kenaikan upah minimum federal yang akan berdampak pada daya beli masyarakatnya. Hal itu, kata dia, menjadi peluang meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke AS.

"Kami memprediksi adanya perhatian khusus yang akan diberikan Presiden Biden terhadap Indonesia yang selain memiliki posisi dan peran strategis di jantung Indo Pasifik, juga merupakan negara muslim terbesar di dunia," tuturnya.

Selain itu, politikus muda Partai Golkar ini juga mendorong agar Kemenlu RI untuk segera memulai proses agar Indonesia dapat kembali memiliki dubes definitif di AS. Sehingga akselerasi hubungan kedua negara dapat segera dijalankan.

"Sebagaimana kita ketahui, posisi ini kosong pasca ditugaskannya Dubes Lutfi sebagai Menteri Perdagangan," kata Christina.

Menurut dia, watak kepemimpinan inklusif yang selama ini dikampanyekan Biden-Haris menjadikan agenda besar demokrasi tetap menjadi kesempatan yang baik bagi kedua negara untuk membangun kerjasama ke depan. Termasuk kerjasama dalam menghadapi pandemi.

"Adapun dalam konteks perang bersama pandemi Covid -19, di bawah Presiden Biden, Amerika Serikat dapat menjadi mitra penting Indonesia membangun langkah-langkah strategis dan upaya diplomasi memerangi wabah Covid-19 di tanah air," demikian Christina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA