Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pedagang Ancam Mogok, Kemendag Jamin Ketersediaan Daging Sapi Di Masyarakat Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 22 Januari 2021, 03:22 WIB
Pedagang Ancam Mogok, Kemendag Jamin Ketersediaan Daging Sapi Di Masyarakat Aman
Pedagang sapi menjajakan daging/Net
rmol news logo Merespons ancaman mogok para penjual daging karena tingginya harga, Kementerian Perdagangan memastikan bahwa persediaan daging secara nasional aman.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto menegaskan, stok daging sapi saat ini tersedia untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Kemendag, dijelaskan Suhanto menjamin permintaan daging sapi di pasar rakyat masih dapat terpenuhi.

“Saat ini stok daging sapi tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional. Kemendag terus berupaya  menjaga stok agar masyarakat tetap memiliki akses ke daging sapi,” kata Suhanto, Kamis (21/1).
 
Menanggapi aksi mogok Dewan Pembina Daerah Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (DPD APDI) DKI Jakarta di pasar rakyat se-Jadetabek, Suhanto menjelaskan, Kemendag telah berkoordinasi dengan APDI dan memperoleh  informasi bahwa harga karkas di tingkat RPH mengalami penyesuaian sekitar 11,6—12,6 persen pada Januari  2021.

Dikatakan Suhanto, kenaikan harga karkas di RPH saat ini dipicu oleh kenaikan harga sapi bakalan asal Australia selama satu semester terakhir, yang pada Juni 2020 masih berada di kisaran 2,8 dolar AS/kg berat hidup  dan kini pada Januari 2021 menjadi 3,78 dolar AS/kg berat hidup.

Faktor utama penyebab kenaikan harga sapi bakalan di Australia diakibatkan adanya program repopulasi, pemenuhan permintaan konsumsi dalam negeri, dan peningkatan permintaan dari negara lain terutama di tiga bulan terakhir di negara tersebut.

“Dalam jangka pendek Kemendag telah berkoordinasi dengan pemasok daging sapi dan APDI untuk memastikan kelancaran distribusi pasokan dan ketersediaan daging di pasar di wilayah Jadetabek,” tandas Suhanto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA