Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenalan Baik, Bisa Saja Joe Biden Dukung JK Di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 22 Januari 2021, 15:32 WIB
Kenalan Baik, Bisa Saja Joe Biden Dukung JK Di 2024
Pertemuan Joe Biden dan Jusuf Kalla saat keduanya masih menjabat wakil presiden pada tahun 2009/Net
rmol news logo Kedekatan M. Jusuf Kalla dengan Presiden AS Joe Biden tentu ada pengaruhnya jika mantan Wapres dua periode itu memiliki keinginan untuk maju sebagai Capres pada Pilpres 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Sebagai kenalan baik kemungkinan Biden mendukung JK sangat besar," kata analis politik Iwel Sastra kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (22/1).

Yang masih menjadi pertanyaan hingga sekarang adalah, apakah JK masih memiliki minat untuk maju Pilpres 2024. Karena hingga sekarang, JK belum pernah mengeluarkan pernyataan atau tanda-tanda akan maju pada pilpres mendatang.

Menurut Iwel Sastra, kemenangan Mahathir Mohamad pada Pemilu Malaysia, kemudian kemenangan Joe Biden dalam Pemilu AS, bisa menjadi referensi bagi JK untuk maju pada pemilu mendatang.

"Usia tidak menjadi halangan. Apalagi JK diusianya yang sekarang masih terlihat enerjik," ujar Direktur Mahara Leadership itu.

Namun, masih menurut pandangan Iwel Sastra, meskipun belum pernah memberikan pernyataan mengenai rencana JK pada 2024, menarik untuk dicermati  perjalanan karir JK. Ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk memprediksi langkah JK ke depan.

"JK politisi yang penuh kejutan, muncul pada saat menit-menit terakhir," imbuhnya.

"Seperti saat akan menjadi cawapres mendampingi SBY dan cawapres mendampingi Jokowi. Sebelumnya, nama JK tidak muncul, namun mulai ramai dibicarakan pada saat menjelang SBY maupun jokowi mengumumkan pasangan yang mendampingi pada pilpres," lanjut Iwel Sastra.

Peluang JK untuk maju pada Pilpres 2024 sangat besar. Salah satu partai politik yang kemungkinan mengusung JK adalah Partai Golkar.

"Meskipun bukan sebagai ketua umum Partai Golkar kemungkinan itu masih sangat terbuka. Apalagi kalau membaca karir politik JK ketika maju sebagai wapres baik mendampingi SBY maupun Jokowi, posisi JK waktu itu bukan sebagai ketua umum Partai Golkar," demikian Iwel Sastra.

JK punya kedekatan dengan Joe Biden. Mereka pernah bertemu jelang Pilpres 2009 di Gedung Putih. Pertemuan itu tanpa seremonial penyambutan dan layanan keamanan layaknya pertemuan pemimpin negara. Artinya, Biden-JK sudah seperti sahabat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA