Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Evaluasi Bawaslu, Pilwalkot Semarang Diklaim Tidak Ada Temuan Serius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 22 Januari 2021, 23:40 WIB
Evaluasi Bawaslu, Pilwalkot Semarang Diklaim Tidak Ada Temuan Serius
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020/Net
rmol news logo Pelaksanaan Pemilihan Walikota Semarang 2020 aman, terkendali, dan tak ada temuan serius terkait pelanggaran pidana selama pemilihan.

Hal tersebut berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang setelah selesainya tahapan Pilwalkot Semarang yang ditandai dengan penetapan pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Muhammad Amin, pihaknya hanya seputar pelanggaran administrasi.

"Secara keseluruhan Pilwalkot berjalan lancar dan sukses, mulai dari tahap pendataan DPT, pencalonan, penetapan calon, kampanye hingga pemungutan suara sampai penghitungan suara semua aman dan lancar," kata Amin diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (22/1).

Penerapan protokol kesehatan dalam Pilwalkot di masa pandemi Covid-19 juga diklaim terjaga dengan baik oleh semua pihak yang terlibat. Terbukti dengan tidak adanya klaster baru yang muncul saat Pilwalkot, seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Namun demikian, dirinya melihat masih banyak hal yang harus diperbaiki ke depannya, terutama terkait dengan distribusi logistik dan penyesuaian regulasi dengan kondisi dilapangan.

"Kami melihat untuk pengkinian DPT, seharusnya waktunya lebih lama karena memakai E-KTP yang memerlukan proses, selain itu perekrutan anggota juga harusnya diperpanjang batas waktunya," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA