Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dapilnya Banjir, Maman Imanulhaq: Fungsi Sungai Sudah Tidak Berjalan Optimal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 01:20 WIB
Dapilnya Banjir, Maman Imanulhaq: Fungsi Sungai Sudah Tidak Berjalan Optimal
Banjir di Kecamatan Ligung Majalengka/Net
rmol news logo Kunjungan kerja dilakukan anggota DPR fraksi PKB, Maman Imanulhaq di lokasi banjir di Desa Ligung, Kecamatan Ligung, Majalengka Jumat (22/1).

Dalam kunjungannya, Maman menegaskan banjir yang terjadi di dua Desa itu harus dicari penyebabnya. Ia khawatirkan jika masalah ini dibiarkan, akan berpotensi banjir lebih besar lagi mengingat musim hujan mulai tiba.

Sejauh ini, ia menilai banjir bandang yang terjadi akibat fungsi sungai di kawasan tersebut tidak berjalan optimal.

"Karena tidak optimalnya fungsi dari sungai, baik sungai Cibodas, maupun Cikamangi dan beberapa sungai yang menuju sungai Cimanuk sehingga meluap ke pemukiman warga sepanjang anak sungai Cimanuk," kata Maman lewat keterangan tertulisnya.

Anggota Komisi VIII ini menegaskan, pihaknya akan memperjuangkan normalisasi sungai di daerah penyebab banjir yang kondisinya sudah dangkal dan sempit.

"PKB akan memeprjuangkan normalisasi sungai, dan juga saya meminta steakholder harus lebih siap lagi mengantisipasi potensi bencana dengan berbasis kordinasi," tegasnya

Selain berkoordinasi terkait penanganan pasca banjir, ia juga membawa bantuan untuk para warga yang menjadi korban banjir. Beberapa di antaranya 10 ribu masker, 5 ribu angtigen, sembako, dan alat kebersihan.

Dua Blok di Desa Ligung, yakni Tipar dan Bagung direndam banjir beberapa hari lalu. Dari data BPB Majalengka, tercatat sebanyak 728 rumah terdampak banjir atau merendam 1.050 Kepala Keluarga.

Akibatnya, sebanyak 650 KK harus mengungsi ke tempat lebih aman.

Banjir di Kecamatan Ligung, Majalengka tidak hanya terjadi di Desa Ligung. Di Leuweunghapit, puluhan rumah juga dilaporkan terendam banjir akibat Sungai Cikamangi meluap.

Sungai Cikamangi dan Cimanuk yang melintas di Kecamatan Ligung, meluap dampak dari curah hujan tinggi di wilayah tersebut. Akibatnya puluhan rumah di wilayah tersebut terendam banjir sejak Senin kemarin (18/1). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA