Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno: Pelaku UMKM Jangan Cuma Asyik Berkompetisi Tapi Lupa Berkolaborasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 02:00 WIB
Sandiaga Uno: Pelaku UMKM Jangan Cuma Asyik Berkompetisi Tapi Lupa Berkolaborasi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/Ist
rmol news logo Para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Batam ditantang unjuk gigi demi bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pelaku parekraf di Batam harus saling bergandeng tangan untuk mewujudkan hal tersebut.

“Saya berdiskusi dengan para pelaku UMKM, mereka mengeluh penjualan produk ekonomi kreatif dan produk wisata menurun drastis karena perbatasan ditutup. Wisatawan dari Singapura maupun Malaysia tidak ada,” kata Sandiaga dalam dialog bersama pelaku usaha di Hotel Grand I, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (22/1).

Sandiaga mengatakan, para pelaku usaha memang mengalami pendapatan yang anjlok akibat tidak adanya wisatawan yang masuk. Sebab, akses perbatasan masuknya WNA masih ditutup oleh pemerintah.

“Pembatasan sosial berskala besar atau PPKM dan ditutupnya perbatasan merupakan tindakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena itu saya memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dengan menggunakan akselerasi dan digitalisasi,” katanya.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini tidak ingin para pelaku usaha parekraf hanya berdiam diri tanpa beraksi untuk bangkit dari keterpurukan. Dia meminta parekraf di Batam untuk membuat ide yang bagus meski pandemi masih terjadi.

“Lalu beradaptasi di tengah pandemi dan melambatnya ekonomi. Mereka harus  mampu untuk mencari produk-produk yang bisa dijual kepada wisatawan domestik, dan produk yang diminati seperti sport tourism, wisata berbasis alam terbuka, berbasis edukasi, dan kekayaan budaya kita," terangnya.

Aksi untuk membangkitkan ekonomi di sektor parekraf tentu harus dibarengi dengan kompak oleh pelaku usaha parekraf itu sendiri. Oleh karenanya, Sandi mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor parekraf di Batam untuk bergandengan tangan agar mampu keluar dari keterpurukan ekonomi.

“Saya ingin mengajak kepada UMKM ini saling membantu, saling mensupport karena kadang-kadang kita asyik berkompetisi, kita lupa berkolaborasi. Dengan berkolaborasi, pasar domestik yang selama ini didominasi produk asing bisa semakin didominasi produk karya anak-anak bangsa UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA