Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Posisi Bintang Tiga Kosong, Listyo Sigit Bakal Mutasi Besar-besaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 07:48 WIB
Dua Posisi Bintang Tiga Kosong, Listyo Sigit Bakal Mutasi Besar-besaran
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti fit and proper test di Komisi III DPR RI/Ist
rmol news logo DPR RI melalui rapat paripurna telah mengesahkan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memperkirakan, Listyo Sigit bakal melakukan mutasi besar-besaran usai resmi dilantik oleh Presiden sebagai Kapolri beberapa hari kedepan.  

Alasanya, ungkap Neta, dua posisi strategis untuk jabatan Jenderal berbintang tiga yang akan kosong.

"TR Mutasi untuk posisi dua jenderal bintang tiga (Komjen) yang otomatis membuat bergeraknya gerbong mutasi besar di tubuh Polri," kata Neta kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/1).

Dua jabatan itu, ialah Kabareskrim yang akan ditinggalkan oleh Listyo Sigit. Kemudian, jabatan Sestama Lemhanas yang akan ditinggalkan oleh Komjen Didid Widjanardi karena pensiun sejak 14 Januari lalu.

Neta mengatakan, pergerakan gerbong jabatan melalui mutasi besar-besaran itu pun nantinya akan dilakukan dengan menggeser sejumlah Kapolda.

"Dua posisi Komjen yang kosong berarti begitu Sigit menjadi Kapolri, mantan Kabareskrim itu akan langsung menggerakkan gerbong mutasi besar," ucapnya.

Menurutnya, ada empat calon pengganti Listyo sebagai Kabareskrim nantinya. Pertama, Irjen Wahyu Widada yang kini menjabat Kapolda Aceh, lalu Irjen Nico Alfinta yang merupakan Kapolda Jawa Timur. Irjen Ahmad Dofiri yang kini menjabat Kapolda Jabar dan Irjen Wahyu Adhiningrat yang kini merupakan Wakabareskrim.

Sedangkan untuk posisi Sestama Lemhanas, ada Komjen dari Mabes Polri yang digeser untuk menjadi Sestama Lemhanas. Selain itu Irjen Luki (Wakalemdikpol) juga disebut sebut akan bergeser ke Sestama Lemhanas atau ke posisi lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA