Farah.ID
Farah.ID

Dekat Dengan JK, Faktor Biden Buat "Kubu China" Yang Dimotori Jokowi Dan Luhut Ketar-ketir

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 10:33 WIB
Dekat Dengan JK, Faktor Biden Buat
Presiden RI Joko Widodo bersama Menko Kemeritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan/Net
Kedekatan mantan Wakil Presiden RI dua periode M. Jusuf Kalla dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden membuka peluang bagi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu menjadi penentu penting pada Pilpres 2024.

"Tetapi bukan untuk JK menjadi Presiden. Faktor usia dan banyaknya figur yang bertarung di Pilpres 2024, hanya membawa JK sebagai "begawan" yang diperlukan restunya," ujar pengamat politik M. Rizal Fadillah, Sabtu (23/1).

Jelas Rizal kepada Kantor Berita Politik RMOL, memang Biden bukan satu-satunya faktor menentukan dalam pilpres Indonesia, tapi akan ikut menentukan.

"Sebagaimana biasa kepentingan global sangat berpengaruh. Faktor Biden tentu membuat "kubu China" yang dimotori Luhut dan "geng Jokowi" agak ketar-ketir," ujar dia.

JK punya kedekatan dengan Joe Biden. Mereka pernah bertemu jelang Pilpres RI 2009, di Gedung Putih, AS. Pertemuan itu tanpa seremonial penyambutan dan layanan keamanan layaknya pertemuan pemimpin negara. Biden dengan JK sudah seperti sahabat.

Adapun di era Presiden Joko Widodo, pemerintah Indonesia banyak memuji Donald Trump, Presiden AS sebelumnya. Termasuk, Menko Kemaritiman dan Investigasi Luhut B. Pandjaitan juga pernah bertemua dengan Trump di ruangannya, Gedung Putih.

Jokowi dan Luhut yang lebih dekat dengan China diyakini akan membuat AS tidak senang, dan bisa saja tidak dapat restu dari Bidan pada Pilpres 2024.

ARTIKEL LAINNYA