Farah.ID
Farah.ID

Faktor Ini Yang Sebabkan Kedekatan SBY-Joe Biden Tak Berpengaruh Ke AHY

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 23 Januari 2021, 19:30 WIB
Faktor Ini Yang Sebabkan Kedekatan SBY-Joe Biden Tak Berpengaruh Ke AHY
Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pelantikan putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Komandan Kogasma/Net
Meskipun Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden memiliki kedekatan dan hubungan yang cukup harmonis lantaran keduanya seorang Demokrat, namun hal itu tidak berpengaruh terhadap popularitas maupun elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Begitu pandangan Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti melihat peluang AHY di kancah politik nasional pasca Joe Biden dari partai Demokrat mengalahkan Donald Trump dari partai Republik.

"Hubungan keduanya (SBY-Joe Biden) tidak begitu besar pengaruhnya terhadap popularitas dan elektabilitas AHY," kata Ray kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (23/1).

Ada beberapa faktor menurut Ray, yakni pertama pengaruh politik Amerika Serikat terhadap politik Indonesia sudah berkurang. Hal ini dikarenakan pendewasaan politik di Indonesia yang secara perlahan mengikis pengaruh luar negeri atas politik dalam negeri.  Kemudian ini sejalan dengan mengecilnya pengaruh AS di dunia internasional.

"Kekuatan dunia, saat ini, ada di China. Dan China sejauh ini dikenal tidak terlalu terlibat dengan urusan dalam negeri negara-negara lain," imbuhnya.

Kemudian, Ray menambahkan, Amerika saat ini juga disibukan urusan internal mereka. Ada lubang yang begitu dalam menganga di antara warganya. Kulit putih, kulit hitam, imigran, lokal, belum lagi para warga keturunan hispanik, asia, dan sebagainya.

"Setidaknya dalam tahuh masa bakti Joe Biden, akan disibukan dengan urusan memperbaiki internal ini. Dengan melihat banyak alasan ini, saya tidak melihat akan ada pengaruh besar Joe Biden ke politik dalam negeri," pungkas Ray.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA