Penanganan Covid-19 Di Jabodetabek Sebaiknya Dilakukan Terpadu Dan Komprehensif

Anggota DPD RI, Fahira Idris, sarankan penanganan Covid-19 di Jabodetabek dilakukan secara terpadu dan komprehensif/Ist

Sejak awal pandemi hingga saat ini, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) yang melintasi 3 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten) menjadi wilayah penyumbang kasus positif Covid-19 terbanyak.

Mobilitas orang di wilayah ini memang cukup tinggi, terlebih di Jakarta yang merupakan pusat aktivitas dan kegiatan ekonomi dan pemerintahan. Ini yang kemudian membuat angka kasus Covid-19 di Jabodetabek menjadi tinggi.

Oleh karena itu, sudah saatnya penanggulangan Covid-19 di Jabodetabek dilakukan secara terpadu, terintegrasi, dan komprehensif. Saat ini, para pengambil kebijakan penanggulangan Covid-19 di Jabodetabek punya cara berbeda.

Atas kondisi tersebut, anggota DPD RI, Fahira Idris mengatakan, jika penanggulangan Covid-19 di Jabodetabek dilakukan secara terpadu, terintegrasi, dan komprehensif akan berdampak besar kepada efektivitas penanganan pandemi. Tidak hanya di Jabodetabek, tetapi juga secara nasional.

Fahira meyakini, jika upaya penanganan mulai dari regulasi, kebijakan, peningkatan 3T, hingga kedisiplinan penerapan 3M di Jabodetabek sifatnya setara atau satu kesatuan dan ‘satu komando’ serta dikoordinasikan langsung oleh Pemerintah Pusat, maka penambahan kasus positif akan bisa dikendalikan.

“Jika kasus positif Covid-19 di Jabodetabek bisa dikendalikan bahkan diturunkan, maka secara nasional kasus aktif juga akan turun signifikan. Sehingga penanggulangan pandemi secara nasional akan lebih efektif dan terkendali," ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (25/1).

"Hemat saya, sudah saatnya penanggulangan Covid-19 di Jabodetabek dilakukan secara terpadu, terintegrasi, komprehensif, setara dan diselenggarakan satu satu kesatuan dan ‘satu komando’ yang dikoordinasikan langsung oleh Pemerintah Pusat. Karena penyebaran virus tidak mengenal batas wilayah, maka pendekatannya bukan lagi wilayah tetapi fokus kepada pergerakan atau mobilitas manusia khususnya di Jabodetabek yang memang harus dikendalikan,” tambahnya.

Ketika penanggulangan Covid-19 di Jabodetabek dilakukan secara terpadu dengan di bawah koordinasi langsung Pemerintah Pusat, maka semua upaya mengendalikan laju pandemi di wilayah ini juga akan setara kualitasnya.

Artinya, strategi penanggulangan Covid-19 terutama 3T dan kebijakan pembatasan di Jabodetabek harus punya standar yang sama. Misalnya, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi harus punya jumlah tes PCR yang sama dengan Jakarta (sesuai atau melampaui standar WHO).

Begitu juga dengan kecepatan tracing dan treatment (pelayanan perawatan dan pengobatan), baik dari segi kapasitas rumah sakit maupun tenaga medis yang juga idealnya setara.

“Kenapa 3T penting? Karena di banyak negara sudah teruji menjadi strategi utama memperlambat dan menghentikan penyebaran Covid-19. Mewujudkan penanggulangan Covid-19 yang terpadu di Jabodetabek butuh intervensi dari Pemerintah Pusat,” tutup Senator Jakarta ini.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Peluang Budidaya Ubi Jalar

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Gunung Gede Pangrango kembali terlihat lagi dari Kota Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Melacak Tokoh Potensial 2024

Kamis, 25 Februari 2021

Artikel Lainnya

Syahrial Nasution: Aparat Keamanan Harus Tindak Kegiatan Ilegal Di Hotel The Hill Sibolangit
Politik

Syahrial Nasution: Aparat Ke..

04 Maret 2021 23:44
Jumat Besok Panglima TNI Dan Kapolri Ke Batam
Politik

Jumat Besok Panglima TNI Dan..

04 Maret 2021 23:28
Ilegal, Hinca Pandjaitan Desak Polisi Bubarkan Acara Jhonny Allen Dkk Di Deli Serdang
Politik

Ilegal, Hinca Pandjaitan Des..

04 Maret 2021 22:50
Lieus Sungkharisma: Biksu Dan Bhante Akan Sembahyang Di Candi Borobudur, Terima Kasih Pak Ganjar
Politik

Lieus Sungkharisma: Biksu Da..

04 Maret 2021 22:26
Syahrial Nasution: 'Orang-orang Liar' Sudah Dipecat, Tidak Berhak Mengatasnamakan Partai Demokrat
Politik

Syahrial Nasution: 'Orang-or..

04 Maret 2021 22:19
Twitter Andi Arief Diretas Setelah Ungkap Manuver Moeldoko, Sebut Ulah Kakak Pembina
Politik

Twitter Andi Arief Diretas S..

04 Maret 2021 21:57
Sidang Gratifikasi Mantan Bupati Lamteng, Cak Imin Disebut Terima Duit Rp 40 Miliar
Politik

Sidang Gratifikasi Mantan Bu..

04 Maret 2021 21:37
Sudah Dibantah Pusat, Kegiatan Mengatasnamakan GAMKI Di Deliserdang Bodong
Politik

Sudah Dibantah Pusat, Kegiat..

04 Maret 2021 21:32