Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JK Dekat Dengan Joe Biden, Syaifullah Tamliha: Jangan-jangan Ada Juga Pejabat Yang Dekat Dengan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 Januari 2021, 17:47 WIB
JK Dekat Dengan Joe Biden, Syaifullah Tamliha: Jangan-jangan Ada Juga Pejabat Yang Dekat Dengan China
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden/Net
rmol news logo Kedekatan antara Jusuf Kalla (JK) dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut-sebut dapat mempengaruhi Pilpres 2024.

Jika dilihat dari rekam jejaknya, anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha mengatakan, JK dan Biden sudah dekat ketika keduanya menjabat sebagai wakil presiden. JK menjadi Wapres Susilo Bambang Yudhoyono, sedangkan Biden Wapres Barack Obama.

Posisi Biden yang saat ini memegang kekuasaan di negara adikuasa juga akan berpengaruh pada JK jika terlibat dalam Pilpres 2024.

"Ini memang tentunya akan berpengaruh pada pemilihan presiden pada tahun 2024 yang akan datang. Bagaimana pun kedekatan kelompok tertentu dengan Presiden AS itu memiliki korelasi positif bagi kemenangan Capres tertentu," ujarnya dalam diskusi virtual RMOL World View bertajuk "Langkah AS Pada Pemerintahan Baru" yang digelar pada Senin (25/1).

Meski begitu, ia juga menggarisbawahi, bukan hanya JK yang memiliki "kekuatan" di belakangnya. Kemungkinan ada pula sosok pejabat lain yang memiliki hal yang sama.

"Namun demikian juga sebaliknya, jangan-jangan ada pula pejabat negeri ini yang dekat dengan China," ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

"Jadi dua negara berseteru punya kepentingan di negeri ini. Tinggal kecanggihannya saja," imbuhnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA