Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dukung Kemenkes Dalam Program Vaksinasi, KPU Gelar Rakor Pencocokan Data Pemilih

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 29 Januari 2021, 10:13 WIB
Dukung Kemenkes Dalam Program Vaksinasi, KPU Gelar Rakor Pencocokan Data Pemilih
Rapat Kerja (Raker) KPU dengan KPU provinsi dan kabupaten/kota yang digelar virtual/Repro
Rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menggunakan data pemilih sebagai basis data penerima vaksin Covid-19 ditindak lanjuti Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU, Ilham Saputra mengatakan, pihaknya menggelar Rapat Kerja (Raker) bersama jajarannya di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota mulai hari ini.

"Hari ini raker ini dalam rangka mendukung program vaksinasi. Tentu saja data pemilih yang akan diberikan ke Kemenkes sesuai data yang valid, data yang mendukung Kemenkes dalam menjalani program vaksinasi," ujar Ilham saat membuka Raker yang digelar secara virtual, Jumat (29/1).

Dalam kesempatan tersebut, Ilham memastikan pihaknya diseluruh Provinsi di Indonesia akan mencocokan data pemilih yang berusia 18 hingga 59 tahun saja, sesuai kebutuhan Kemenkes untuk memilah sasaran penerima program vaksinasi.

"Saya inginkan bapak ibu (KPU kabupaten/kota dan provinsi) sekalian memenuhi data yang sudah terkonsolidasikan terlebih dahulu," ungkapnya.

Secara administratif, Kemenkes juga sudah bersurat kepada KPU untuk meminta data pemilih, supaya bisa digunakan untuk menjalankan program vaksinasi terhadap masyarakat.

"Hari ini Kemenkes sudah bersurat secara resmi kepada kami (KPU) untuk meminta data dalam rangka mendukung program vaksinasi," demikian Iham Saputra menambahkan.

Rencana penggunaan data KPU untuk program vaksinasi telah disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pekan lalu dalam sebuah acara diskusi virtual.

Dia mengungkapkan, data KPU dinilainya lebih akurat jika dibandingkan dengan data Kemenkes yang menurutnya tidak sesuai fakta dan lapangan.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA