Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendagri Tito Dapat Seritifikat Pemimpin APIP, Ini Harapan Kepala BPKP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 02 Februari 2021, 13:07 WIB
Mendagri Tito Dapat Seritifikat Pemimpin APIP, Ini Harapan Kepala BPKP
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian/Istimewa
rmol news logo Penyelenggaraan Sertifikasi Pemimpin Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) kembali digelar Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Program sertifikasi yang bernama Certified of Government Chief Audit Executive ( CGCAE) itu diberikan kepada Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian dan Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bahrullah Akbar.

Dalam sambutannya, Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, program sertifikasi ini penting dalam meningkatkan kapabilitas dan kompetensi pimpinan APIP.

Sebab itu dia mengharapkan, tujuan dari adanya APIP bisa berjalan, yaitu untuk mencegah korupsi dan peringatan dini (early warning system) bagi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

"Pemantauan yang kami lakukan, masih terdapat 150 APIP yang jumlah auditornya kurang dari 10 orang, dan 248 APIP yang masih perlu ditingkatkan kualifikasi profesionalnya," ujat Ateh dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (2/2).

Sementara itu, M. Tito Karnavian menyambut baik penganugerahan sertifikat pmpinan APIP yang diberikan BPKP. Dia mengatakan, peran auditor semakin lama semakin strategis, bukan hanya sebagai pengawas (oversight) saja, akan tetapi ada pekerjaan sebagai konsultan (insight), dan juga memproyeksikan permasalahan ke depan (foresight).

“Peran auditor menjadi semakin kompleks, terutama dalam mengawal pengelolaan keuangan negara, bagaimana caranya untuk mengoptimalkan penerimaan negara dan mengefisienskan belanja pemerintah,”ucapnya.

Mantan Kapolri itu mengapresiasi BPKP dan segenap jajaran atas inisatif pelatihan ini, semoga dengan sertifikasi ini dapat meningkatkan integritas jajaran pengawasan intern.

Dirinya juga mengajak seluruh pimpinan APIP daerah agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga marwah pengawasan intern akan terangkat.

“Siapa lagi yang akan mengangkat marwah pengawasan intern, jika bukan dari institusi pengawasan intern itu sendiri”, pungkasnya.

Senada, Anggota V BPK RI, Bahrullah Akbar juga memberikan apresiasi pasalnya, apa yang dikerjakan BPKP akan berdampak terhadap peningkatan kualitas pengawasan oleh APIP dan akan mempermudah pemeriksaan oleh auditor ekstern (BPK).

"Sinergi dan kolaborasi antara auditor intern dan pemeriksa ekstern dibutuhkan utamanya untuk menjaga akuntabilitas keuangan negara,” imbuhnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA