Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LP3ES: Polri Semakin Miliki Peran Dalam Dinamika Politik Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 04 Februari 2021, 00:05 WIB
LP3ES: Polri Semakin Miliki Peran Dalam Dinamika Politik Indonesia
Direktur Center for Media and Democracy LP3ES, Wijayanto/Net
rmol news logo Polri semakin memiliki peran dalam dinamika politik di Indonesia belakangan ini.

Direktur Center for Media and Democracy LP3ES, Wijayanto menyebutkan, peranan Polri mulai muncul mulai dari gelaran pilkada, isu omnibus law hingga berada dalamperan strategis di lembaga non kepolisian.

Hal tersebut dikatakan Wijayanto dalam webinar Forum 100 Ilmuwan Sosial Politik LP3ES bertema "Institusi Polri, Kepemimpinan Baru Versus Masa Depan Demokrasi", Rabu (3/2).

"Misalnya, pada Pilkada Serentak 2020 yang secara digital paling aktif dikampanyekan oleh Polres Trenggalek. Di kasus Omnibus Law pun akun-akun yang mengklaim diri mereka sebagai polisi pun turut mengangkat isu-isu omnibus law," ujar Wijayanto.  

Kata dia, dengan restu Presiden Joko Widodo juga kemudian sejumlah perwira tinggi Polri dalam menjadi pimpinan di lembaga strategis.

"Jokowi juga memberikan peran yang begitu besar kepada polisi untuk ada di PSSI (Komjen Mochammad Iriawan), Kementerian Dalam Negeri (Jenderal Pol Purn Tito Karnavian), Kementerian Industri (Komjen Setyo Wasisto, Bulog), KPK (Komjen Firli Bahuri), dan sebagainya," jelasnya.

Realita yang terjadi dewasa ini, bagi Wijayanto, mengingatkan kepada tesis dari akademi Jacqui Baker yang pada tahun 2012.

"Jacqui Baker mengungkapkan bahwa setelah reformasi, posisi dominan TNI dalam pemerintahan di Orde Baru akan digantikan oleh Kepolisian," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA