Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Belajar Cara Penanganan Covid-19 India Dan China, Menkes: PPKM Mikro Lah Yang Sangat Baik Dan Tepat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 04 Februari 2021, 23:25 WIB
Sudah Belajar Cara Penanganan Covid-19 India Dan China, Menkes: PPKM Mikro Lah Yang Sangat Baik Dan Tepat
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/Net
rmol news logo Cara penanganan Covid-19 dibeberapa negara tetangga sudah dipelajari pemerintah, yang tujuannya mendapatkan formula terbaik dalam mengatasi pandemi ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengaku telah membicarakan cara pengananan di negara India dan China kepada Presiden Joko Widodo bersama gubernur di lima Provinsi besar di Indonesia beberapa waktu lalu.

"Kesimpulan kami satu,  cara untuk mengatasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan," ujar Budi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2).

Selain membicarakan cara penanganan di dua negara tersebut, Budi bersama Presiden dan lima Gubernur tersebut juga membahas cara penanganan Covid-19 di tingkat lokal di beberapa Provinsi.

"Hasil diskusi kemarin dilihat banyak program yang sudah dilakukan seperti Jogo Tonggo, program Kampung Tangguh, program Desa Siaga yang dilakukan teman-teman di kabupaten/kota dan di desa-desa di provinsi-provinsi," ungkapnya.

Dari skema penanganan Covid-19 di beberapa provinsi itu, pemerintah kata Budi melihat pilihan yang sangat tepat untuk menjawab persoalan penanganan pandemi di Tanah Air Yaitu, melalui pendekatan lokal yang erat kaitannya dengan budaya asli Indonesia.

"Tindakan-tindakan, langkah-langkah, program-program yang sifatnya mikro dilevel terkecil, di komunitas terkecil di lingkungan keluarga, di lingkungan warga dan tetangga-tetangganya adalah inisiatif penanganan pendemi yang sangat baik dan sangat tepat," tuturnya.

"Ini yang bisa menyeimbangkan antara perbaikan sektor kesehatan dengan mengurangi laju kecepatan penularan dan juga menjaga bagaimana masyarakat masih bisa hidupnya berjalan normal," demikian Budi Gunadi Sadikin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA