Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

JMSI Diminta UAS Mengedepankan Asas Praduga Tak Bersalah Dan Objektif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 08 Februari 2021, 11:59 WIB
JMSI Diminta UAS Mengedepankan Asas Praduga Tak Bersalah Dan Objektif
Dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) saat memberikan Tausiyah Nasional bertajuk "Kode Etik Jurnalistik Dalam Perspektif Islam" di acara Hari Ulang Tahun ke-1 Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) pada Senin (8/2)/Net
rmol news logo Prinsip dasar yang harus dimiliki seorang wartawan adalah memandang segala sesuatu dari kerangka berpikir objektif. Sehingga bisa menghasilkan berita yang objektif dan memiliki asas kebermanfaatan bagi semua.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) saat memberikan Tausiyah Nasional bertajuk "Kode Etik Jurnalistik Dalam Perspektif Islam" di acara Hari Ulang Tahun ke-1 Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) pada Senin (8/2).

Dia mengurai bahwa dalam Islam itu manusia suci bersih. Sementara dalam bahasa hukumnya, asas praduga tak bersalah.

“Asal mula manusia itu fitrah suci bersih, tidak ada salah dan dosa. Asas praduga tak bersalah," ujar UAS.

"Maka setiap jurnalis memandang manusia itu bukan dari suudzon, bukan dari perspektif jelek atau negatif tapi dia hukum asalnya bersih. Jadi sebagai seorang jurnalis yang dilihat itu objek, objek adalah bersih suci bukan berangkat dari subjektivitas," imbuhnya.

Karena fitrah manusia dalam Islam itu adalah suci bersih, sambung UAS, maka asas praduga tak bersalah harus dikedepankan terhadap siapapun.

"Berangkat dari objektivitas bahwa hukum asalnya dia adalah bersih, siapapun dia, apapun agamanya, maka dia berasal dari kesucian itu," tegasnya.

UAS menambahkan, dalam hadist Rasulullah SAW dikatakan, ‘aaa min mauludin illa yuuladu alal fitrah' yang artinya setiap manusia lahir dalam keadaan fitrah.

Maka, kata UAS, media sedianya menampilkan kesucian, kebersihan, pribadi.

Dalam tausiyahnya, UAS, memaparkan sejumlah poin tentang hal-hal yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi wartawan dalam kode etik yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal pertama yang ditekankan, yakni prinsip objektivitas dalam melihat segala sesuatu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA