Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Pers Tutup, PKB Minta Pemerintah Beri Kemudahan Usaha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 09 Februari 2021, 10:39 WIB
Banyak Pers Tutup, PKB Minta Pemerintah Beri Kemudahan Usaha
Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal/Net
rmol news logo . Keberadaan pers yang independen dan profesional diyakini akan meminimalkan maraknya kabar bohong atau hoax di tengah masyarakat. Sebab, apabila pers kuat masyarakat bisa mendapatkan informasi yang kredibel dan akurat.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, upaya menghadirkan pers yang kuat dan kredibel bukan hal mudah. Pasalnya, saat ini dunia pers juga menghadapi tantangan besar terutama transisi menuju digitalisasi media serta tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, banyak perusahaan media yang saat ini memilih untuk menghentikan penerbitan mereka.

"Dalam beberapa tahun terakhir banyak usaha penerbitan yang tutup. Terakhir Koran The Jakarta Post dan Koran Suara Pembaruan juga memutuskan berhenti terbit. Tentu ini menjadi indikator jika memang dibutuhkan dukungan dari banyak kalangan agar sebagai badan usaha, perusahaan media agar tetap eksis di tengah turunnya pendapatan dari iklan," kata Cucun dalam keterangannya, Selasa (9/2).

Pemerintah, lanjut Cucun, seharusnya bisa memberikan berbagai kemudahan berusaha agar perusahaan media tetap eksis di tengah besarnya tekanan ekonomi. Pemerintah juga harus benar-benar konsisten dalam menjaga kebebasan pres sebagai pilar keempat demokrasi.

"Kekerasan kepada jurnalis masih sering terjadi di berbagai daerah. Kita berharap Hari Pres Nasional (HPN) yang jatuh pada hari ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk tetap berkomitmen menciptakan pres yang kuat, sehat, dan kredibel," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA