Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dari Balik Meja, Maruf Amin Minta Roadmap Reformasi Birokrasi Dievaluasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 09 Februari 2021, 19:34 WIB
Dari Balik Meja, Maruf Amin Minta Roadmap Reformasi Birokrasi Dievaluasi
Wakil Presiden Maruf Amin memimpin rapat Reformasi Birokrasi dengan Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional/Net
rmol news logo Perlu ada evaluasi terkait roadmap atau peta jalan reformasi birokrasi yang selama ini dijalankan. Evaluasi penting dilakukan sejalan dengan percepatan penyederhanaan birokrasi sebagai agenda proritas pemerintah.

“Saya melihat bahwa titik sentral dari catatan-catatan tadi terletak pada birokrasi dan aparat negara. Oleh karena itu, saya ingin kita melakukan evaluasi yang menyeluruh atas roadmap reformasi birokrasi yang ada,” kata Wakil Presiden Maruf Amin saat memimpin rapat reformasi birokrasi bersama Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional, Senin (8/2).

Wapres pun meminta tim reformasi birokrasi nasional mengkaji program-program yang dapat disesuaikan dengan kondisi terbaru di era perubahan serba cepat dan dinamis ini.

“Menyusun kembali program jangka pendek dan menengah yang benar-benar menentukan bagi terjadinya perubahan, sesuai dengan tuntutan situasi terkini, baik di dalam negeri maupun juga secara global yang penuh disrupsi,” jelasnya dikutip dari Setkab.

Lebih lanjut, Wapres mengakui masih terdapat kelemahan birokrasi yang belum dapat teratasi secara maksimal. Namun, ada beberapa capaian positif semenjak pandemi Covid-19 terjadi.

“Secara makro tercatat tingkat ekonomi per kuartal membaik meski secara tahunan berkontraksi sekitar 2,07 persen, penyerapan anggaran mencapai 96 persen dari pagu APBN, kemudian penyaluran bansos dan bantuan UMKM yang mencapai hampir 100 persen,” paparnya.

“Masalah reformasi birokrasi ini saya kira menjadi hal yang sangat penting dan kunci dari semua perbaikan,” tutup Maruf Amin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA