Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pulihkan Sektor Pariwisata, Menko Luhut Dorong Kampanye Bangga Berwisata Di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 11 Februari 2021, 10:29 WIB
Pulihkan Sektor Pariwisata, Menko Luhut Dorong Kampanye Bangga Berwisata Di Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Berbagai upaya kini dilakukan pemerintah Indonesia untuk memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid-19.  Salah satunya, mengampanyekan gerakan bangga berwisata di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengurai gerakan bangga berwisata di Indonesia perlu dilakukan untuk memulihkan sektor wisata di Indonesia.

Menurutnya, selama pandemi telah terjadi penurunan jumlah wisawatan domestik ke berbagai destinasi wisata di Indonesia.

“Selain itu, gerakan bangga berwisata di Indonesia  juga akan menumbuhkan rasa bangga atas berbagai potensi wisata di dalam negeri,” ujar Luhut kepada wartawan, Kamis (11/2).

Menko Luhut menyampaikan bahwa salah satu daerah yang kini terus didorong untuk dikembangkan sektor pariwisatanya ialah Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Pasalnya, daerah ini punya potensi untuk itu dan kini sudah dikenal dunia internasional lewat berbagai potensi wisata, alam, dan kegiatan berskala dunia. Bahkan pada 2021, kabupaten yang ada di ujung Jawa Timur ini akan disiapkan sebagai tuan rumah liga selancar dunia.

"Selain itu, juga pemerintah pusat juga mengusulkan geopark Ijen, masuk ke dalam jaringan geopark dunia UNESCO.  Di samping itu, salah satu upaya pemerintah memajukan sektor pariwisata nasional adalah dengan mengintegrasikan unsur teknologi informasi, yakni layanan digital terintegrasi dan pembayaran digital,” katanya.

Sejalan dengan komitmen tersebut, untuk memperlancar akses menuju destinasi-destinasi wisata, pemerintah juga membangun berbagai infrastruktur konektivitas.

Luhut menambahkan dengan semua upaya pemerintah itu diharapkan semua pemangku kepentingan termasuk pegiat media sosial dapat mempromosikan pariwisata Banyuwangi serta mengampanyekan bangga berwisata di Indonesia.

Menko Luhut juga berpesan agar di samping berwisata, faktor kesehatan juga menjadi penting apalagi di situasi pandemi saat ini.

"Perlu saya ingatkan agar tetap menjaga protokol kesehatan, karena kesehatan kita semua adalah yang utama," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA