Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tembus Pasar Korea, Ketua DPD RI Berharap Rumput Laut Samarinda Dikembangkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 11 Februari 2021, 14:48 WIB
Tembus Pasar Korea, Ketua DPD RI Berharap Rumput Laut Samarinda Dikembangkan
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net
rmol news logo Budi daya rumput laut yang dikembangkan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, sukses menembus pasar internasional seperti Korea.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap momentum ini bisa dimanfaatkan. Dia pun meminta komoditi tersebut dikembangkan dan produktivitasnya digejot.

Menurut LaNyalla, keberhasilan Kalimantan Timur mengekspor rumput laut di masa pandemi Covid-19 jelas sangat membantu.

"Hal ini membuktikan pasar untuk komoditi kita masih terbuka sangat lebar, khususnya rumput laut. Momentum ini harus dijaga, bahkan kita harus bisa memperluas pasar. Apalagi ekspor ini bisa turut menjaga perekonomian agar tetap stabil," katanya, Kamis (11/2).

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu pun memuji kualitas rumput laut asal Samarinda yang menembus pasar Korea.

"Kualitas rumput laut asal Samarinda sangat teruji. Keberhasilan memenuhi kebutuhan pasar Korea menjadi buktinya. Potensi usaha dari komoditi ini sangat baik. Pemerintah daerah perlu memberikan perhatian lebih pada komoditi rumput laut," harap LaNyalla.

Menurutnya, ekspor rumput laut ini dipasok dari daerah Bontang. Selain memenuhi permintaan pasar luar negeri, pemasaran rumput laut juga diterima di pasar nasional.

"Potensinya sangat luar biasa dan masih bisa dikembangkan lebih lanjut. Potensi ini harus bisa dikembangkan secara optimal oleh pemerintah daerah. Dan harus ada langkah konkret agar komoditi rumput laut bisa menjadi bagian dalam usaha pemulihan ekonomi," tukasnya.

Tidak itu saja, alumnus Universitas Brawijaya Malang itu juga berharap pemda dapat melakukan pengembangan komoditi ini.

"Caranya dengan memproduksi produk olahan rumput laut agar petani rumput laut bisa mendapatkan value added dari penjualan rumput laut," ujar LaNyalla. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA