Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Politisi PDIP Ini Merasa Getir, Dapat Laporan Ratusan Warteg Terancam Gulung Tikar Gara-gara Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 12 Februari 2021, 15:32 WIB
Politisi PDIP Ini Merasa Getir, Dapat Laporan Ratusan Warteg Terancam Gulung Tikar Gara-gara Pandemi
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP, Darmadi Durianto/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir satu tahun telah membuat pelaku usaha kecil merana.

Laporan yang diterima anggota DPR RI Darmadi Durianto, setidaknya ratusan pengusaha warung Tegal (Warteg) terancam gulung tikar imbas pandemi yang tak kunung berakhir. Hal ini patut menjadi perhatian serius dari pemerintah.

"Saya getir mendengarnya. Betapa tidak, karena ada ratusan ribu orang akan terdampak serius ketika saudara-saudara kita para pelaku usaha warteg terancam gulung tikar. Ini persoalan serius dan perlu ditangani pemerintah," kata Darmadi kepada wartawan, Jumat (12/2).

Pemerintah, khususnya Kementerian Koperasi dan UMKM diminta tidak tutup mata dengan kondisi pelaku usaha kecil. Terlebih menurut Darmadi, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajarannya untuk fokus menyelamatkan ekonomi dalam negeri.

"KemenkopUKM mestinya sigap ketika ada persoalan ini, jangan pasif dan jangan abai," tegas anggota Komisi VI DPR RI ini.

Ia mengatakan, setidaknya ada sejumlah solusi yang dapat diambil pemerintah dalam menyelamatkan ribuan para pelaku usaha warteg yang terancam gulung tikar ini.

"Pemerintah harus memberikan akses permodalan dengan skala prioritas bagi UMKM semacam warteg ini. Mereka mesti dilibatkan untuk menyediakan apa yang menjadi kebutuhan lembaga-lembaga pemerintah, semisal menyediakan makanan harian dan terpenting harus memberikan relaksasi kredit bagi mereka," saran politisi PDIP ini.

Solusi semacam itu patut diberikan sebagai upaya menghindari efek serius dari potensi kebangkrutan yang berujung lonjakan angka pengangguran. Bila sektor usaha seperti warteg dan usaha kecil lainnya gulung tikar, kata dia, bukan tidak mungkin gelombang pengangguran meningkat dan menjadi beban pemerintah.

"Alarm sudah berbunyi, maka sebaiknya KemenkopUMKM yang concern terhadap persoalan itu bergerak cepat. Jangan leha-leha di tengah kondisi darurat seperti ini," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA