Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PP Muhammadiyah: Khazanah Wakaf Tunai Bermula Sejak Turki Usmani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 13 Februari 2021, 01:38 WIB
PP Muhammadiyah: Khazanah Wakaf Tunai Bermula Sejak Turki Usmani
Ketua PP Muhammadiyah, Prof Syafiq Mughni dalam acara Pengajian Umum PP Muhammadiyah bertema 'Wakaf Tunai Untuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Umat'/RMOL
RMOL. Wakaf bukan hal asing di dalam perjalanan umat Islam, termasuk Persyarikatan Muhammadiyah dan ormas-ormas lain di Indonesia. Sebab, wakaf sangat berperan penting dalam menyejahterakan masyarakat dan umat.

Ketua PP Muhammadiyah, Prof Syafiq Mughni mengatakan, istilah wakaf tunai yang telah diluncurkan pemerintah mempunyai khazanah dalam dunia Islam.   

"Kita juga punya khazanah bagaimana wakaf tunai itu, bermula pada zaman Turki Usmani, kira-kira pada abad ke-15," ujar Safiq Mughni dalam acara Pengajian Umum PP Muhammadiyah bertema 'Wakaf Tunai Untuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Umat', Jumat (12/2).

"Jadi kita punya dokumen yang cukup berharga bahwa pada saat itulah paling tidak sudah ada jenis yang disebut wakaf tunai," imbuhnya.

Safiq Mughni menambahkan, wakaf tunai juga mengalami perkembangan di dalam dunia Islam hingga barat. Bahkan, sambungnya, dunia barat sendiri mengelaborasi konsep wakaf yang bersumber dari Islam tersebut.

"Wakaf ini menjadi semakin meluas di dunia Islam. Dan bahkan di negara-negara barat nonmuslim sekalipun yang kemudian menggunakan intuisi tersebut, paling tidak terjadi yang paralel atau bahkan mengambil sebagai model dari wakaf yang ada di dunia Islam," demikian Safiq Mughni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA