Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PP Muhammadiyah: Khazanah Wakaf Tunai Bermula Sejak Turki Usmani

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 13 Februari 2021, 01:38 WIB
PP Muhammadiyah: Khazanah Wakaf Tunai Bermula Sejak Turki Usmani
Ketua PP Muhammadiyah, Prof Syafiq Mughni dalam acara Pengajian Umum PP Muhammadiyah bertema 'Wakaf Tunai Untuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Umat'/RMOL
RMOL. Wakaf bukan hal asing di dalam perjalanan umat Islam, termasuk Persyarikatan Muhammadiyah dan ormas-ormas lain di Indonesia. Sebab, wakaf sangat berperan penting dalam menyejahterakan masyarakat dan umat.

Ketua PP Muhammadiyah, Prof Syafiq Mughni mengatakan, istilah wakaf tunai yang telah diluncurkan pemerintah mempunyai khazanah dalam dunia Islam.   

"Kita juga punya khazanah bagaimana wakaf tunai itu, bermula pada zaman Turki Usmani, kira-kira pada abad ke-15," ujar Safiq Mughni dalam acara Pengajian Umum PP Muhammadiyah bertema 'Wakaf Tunai Untuk Pemberdayaan dan Kesejahteraan Umat', Jumat (12/2).

"Jadi kita punya dokumen yang cukup berharga bahwa pada saat itulah paling tidak sudah ada jenis yang disebut wakaf tunai," imbuhnya.

Safiq Mughni menambahkan, wakaf tunai juga mengalami perkembangan di dalam dunia Islam hingga barat. Bahkan, sambungnya, dunia barat sendiri mengelaborasi konsep wakaf yang bersumber dari Islam tersebut.

"Wakaf ini menjadi semakin meluas di dunia Islam. Dan bahkan di negara-negara barat nonmuslim sekalipun yang kemudian menggunakan intuisi tersebut, paling tidak terjadi yang paralel atau bahkan mengambil sebagai model dari wakaf yang ada di dunia Islam," demikian Safiq Mughni.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA