Farah.ID
Farah.ID

Sebagai Menhan, Prabowo Harusnya Tak Menahan Diri Untuk Jaga Kedaulatan RI

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 13 Februari 2021, 14:30 WIB
Sebagai Menhan, Prabowo Harusnya Tak Menahan Diri Untuk Jaga Kedaulatan RI
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/Net
Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie berpandangan, terkait pernyataan Prabowo Subianto yang menyatakan lebih baik menahan diri demi kepentingan yang lebih besar tidak sesuai di lapangan.

Menurut Jerry, Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menhan tidak menahan diri untuk menjaga kedaulatan NKRI. Misalnya, kata Jerry menjaga pulau Natuna dari incaran negara asing.

"Sebagai Menhan tugas utamanya menjaga kadaulatan NKRI. Contoh di Natuna jangan sampai Pulau ini lepas. (Dalam hal itu) sikap tegas Prabowo tak kelihatan. Justru kebanyakan just silent atau diam," kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (13/2).

Jerry berpendapat, Prabowo harusnya merealisasikan janjinya usai tak lama dilantik sebagai Menteri Pertahanan pada kabinet periode kedua Jokowi--memperkuat TNI untuj jaga kedaulatan negara.

"Terus bagaimana strategi Ketum Gerindra ini mempertahankan pulau tersebut dari incaran asing," tanya Jerry.

Disisi lain, Jerry mengatakan, idealnya memang Prabowo Subianto dengan Gerindra berada di luar pemerintahan, setidaknya untuk menjadi jembatan di parlemen untuk membela kepentingan publik.

"Saya sebetulnya berharap waktu lalu Gerindra menjadi oposisi biar ada keseimbangan politik. Dan mereka menjadi corong suara rakyat. Tapi buntutnya menyerah pada  kekuasaan," pungkas Jerry.

Sebelumnya, saat pidato di HUT Partai Gerindra yang ke-13, Prabowo Subianto menyatakan dirinya terpaksa menahan diri untuk kepentingan yang lebih besar.

"Saya paham dan saya mengerti, dan kadang-kadang saya juga harus banyak-banyak menahan diri demi kepentingan yang besar, demi kepentingan partai, demi kepentingan seluruh rakyat Indonesia dari semua agama, semua suku," ucapnya.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA