Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Luhut Berharap Tol Tebing Tinggi-Saberlawan Tingkatkan Laju Ekonomi Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 14 Februari 2021, 13:31 WIB
Menko Luhut Berharap Tol Tebing Tinggi-Saberlawan Tingkatkan Laju Ekonomi Masyarakat
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan/Net
rmol news logo Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi-Sarbelawan merupakan salah satu upaya menunjang kesiapan program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara. Adanya tol ini, diharapkan dapat meningkatkan laju ekonomi masyarakat setempat.

Begitu kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat melakukan peninjauan terhadap pembangunan proyek Jalan Tol Tebing Tinggi-Sarbelawan, Minggu (14/2).

"Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat,” ucap Menko Luhut di lokasi.

Jalan tol yang menyambungkan Parapat ke Kualanamu Ini akan meningkatkan akses pembangunan serta kesiapan danau Toba sebagai daerah DPSP. Pembangunan tol ini juga akan meningkatkan perekonomian daerah-daerah sekitar karena mudahnya akses yang ada.

Tol yang akan dibuka pada akhir Desember 2021 akan menghubungkan sampai ke Pematang Siantar. Sedangkan rencana pembangunan jalur Parapat dan Sibolga diperkirakan akan rampung pada tahun 2024.

Pembangunan tol ini akan menjadikan jarak tempuh dari Parapat hingga Kualanamu hanya dalam waktu satu setengah hingga dua setengah jam. Akan dibangun pula kawasan-kawasan wisata di sekitar jalan tol yang juga sekaligus memajukan usaha UMKM sekitar.

Menko Luhut berharap pembangunan jalan tol ini dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat sekitar secara keseluruhan dan  berbagai kemajuan pembangunan akan segera dirasakan oleh masyarakat sekitar dan Danau Toba akan menjadi salah satu daerah DPSP yang telah memiliki kemajuan yang pesat.

"Sangat membanggakan, pembangunan ini agar dilaksanakan dengan rapi, akan merubah tanah ini menjadi penuh harapan untuk dikembangkan ke depannya,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA