Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Untuk Wujudkan Pemerataan Ekonomi, PT Antam Perlu Perbanyak Libatkan Putra Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 17 Februari 2021, 16:52 WIB
Untuk Wujudkan Pemerataan Ekonomi, PT Antam Perlu Perbanyak Libatkan Putra Daerah
Ilustrasi
rmol news logo PT Antam sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seharusnya memiliki kesadaran untuk menyertakan peran tenaga kerja lokal dalam setiap tahapan pengembangan produksi dan bisnis.

Hal itu dikatakan Direktur Riset dan Program Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Surya Vandiantara merespon kebutuhan perusahaan 'plat merah' itu karena minimnya keterlibatan putra daerah.

"Tujuan dari penyerapan tenaga kerja lokal dalam berbagai tahapan produksi tersebut guna mendorong terciptanya pemerataan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah," tutur Surya kepada wartawan, Rabu (17/2).

Surya menilai, keterlibatan putra daerah yakni anak muda dibutuhkan dalam pengembangan bisnis perusahaan ini. Mengingat mereka yang memahami kultur produksi di daerahnya masing-masing.

Sehingga, lanjutnya, diperlukan putra daerah yang menduduki posisi penting di perusahaan itu, misalnya pada jabatan komisaris independen.

"Harapannya pertumbuhan ekonomi tidak hanya terkonsentrasi di kota-kota besar, tapi juga mampu didorong ke berbagai pelosok daerah di wilayah yang menjadi area produksi pertambangan Antam," ujarnya.

Di sisi lain, analis ekonomi politik UIN Jakarta ini melihat, semangat pemerataan pertumbuhan ekonomi ini juga seharusnya mampu mendorong tenaga kerja lokal menempati posisi strategis di Antam.

Tidak hanya sekedar menjadi buruh biasa, melainkan bisa benar-benar hadir sebagai penyokong kemajuan perusahaan.

"Artinya peran putra putri daerah diperlukan perusahaan sekelas Antam, dan ini bisa memberikan penilaian positif bahwa perusahaan bukan sekedar hadir untuk mengeruk kekayaan alam lokal dan seterusnya menyisakan permasalahan dampak lingkungan bagi masyarakat setempat," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA