Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kadin Jakarta Apresiasi Niat Baik LaNyalla Soal Welfare State

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 18 Februari 2021, 12:56 WIB
Kadin Jakarta Apresiasi Niat Baik LaNyalla Soal <i>Welfare State</i>
Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi/Net
rmol news logo Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan kolaborasi dan sinergi yang baik antara kampus, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan DPD RI akan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan dalam konsep negara kesejahteraan atau welfare state adalah gagasan bahwa negara bertanggung jawab atas warga negaranya, yaitu dengan jalan sejahterakan rakyatnya melalui pelayanan, bantuan, perlindungan dan pencegahan masalah-masalah sosial.

"Menanggapi apa yang disampaikan oleh Bapak LaNyalla tentang kolaborasi antara peguruan tinggi, DPD RI dan Kamin, kami menanggapi dengan baik. Untuk kami yang ada di KADIN DKI Jakarta, kami melakukan melalui program yang diluncurkan oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Makarim) tentang Kampus Merdeka," ucap Diana saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/2).

Baca: LaNyalla Yakin Kolaborasi Kampus-DPD-Kadin Akan Wujudkan Indonesia Sejahtera

Menurut Diana, saat ini banyak dari dunia usaha yang telah menjadi dosen baik itu dalam konteks kuliah umum, sharing experience dan bimbingan atau mentoring.

"Melalui program Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk satu semester atau setara dengan 20 (dua puluh) SKS menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama," katanya.

Dia menambahkan program ini sebelumnya sudah dilaksanakan untuk siswa sekolah kejuruan dengan nama Link and Match. Yang pada intinya dua program ini sama-sama menjebatani bagaimana skill dan kemampuan para anak didik untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan yang ada di dunia usaha yang bergerak sangat dinamis.

"Sehingga ke depan akan mengurangi gap yang ada selama ini bahwa lulusan perguruan tinggi dan sekolah kejuruan tidak siap kerja bahkan tidak terserap oleh dunia usaha," demikian Diana Dewi.

Sebelumnya, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meyakini kolaborasi antara kampus, DPD RI dan Kadin akan mewujudkan welfare state di Indonesia. Hanya saja, diperlukan kerja dan kemauan yang keras semua stakeholder bangsa. Terutama keberpihakan sistem politik di Indonesia.

Hal itu disampaikan LaNyalla saat menjadi pembicara utama dalam Airlangga Forum di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (17/2/2021). Hadir sebagai narasumber Direktur Sekolah Pascasarjana Unair Prof. Badri Munir Sukoco, dan Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA