Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alasan Demokrat Boyong Nama Emil, Iti, Dan Cellica Ke Pilgub DKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 19 Februari 2021, 14:31 WIB
Alasan Demokrat Boyong Nama Emil, Iti, Dan Cellica Ke Pilgub DKI
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak/Net
rmol news logo Partai Demokrat telah merilis sebanyak sembilan kader untuk jadi jagoan di Pilkada DKI Jakarta nanti.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mereka adalah Ketua DPD Demokrat DKI, Santoso; Anggota Komisi III DPR, Hinca Pandjaitan; Anggota Komisi III DPR, Didik Mukrianto; Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf; Anggota Komisi II DPR Anwar Hafid; dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Selanjutnya ada nama Mantan Gubernur Lampung, Ridho Ficardo; Bupati Lebak, Iti Jayabaya; dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Dari kesembilan nama tersebut, ada sejumlah nama yang dinilai cukup potensial di daerah kepemimpinannya masing-masing. Antara lain Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan Bupati Lebak, Iti Jayabaya.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani lantas mengurai alasan kenapa semua kader yang jadi jagoan Partai Demokrat siap diturunkan ke Pilkada DKI Jakarta.

"Pilkada DKI Jakarta tentu memiliki nilai strategis tersendiri, karenanya Bappilu DPP Partai Demokrat memberi kesempatan pada kader-kader potensial yang patut dan layak untuk tampil pada konstestasi Pilkada DKI Jakarta," kata Kamhar Lakumani saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Jumat (19/2). 

"Pada saatnya nanti akan terseleksi kader mana yang paling siap dan potensial untuk mengerucutkan dukungan partai," imbuhnya.

Kamhar menyebut kesiapan sembilan jagoan partai Demokrat ini antara lain mengacu pada tingkat penerimaan warga DKI yang diukur melalui survei, kemampuan membangun koalisi dan lain-lain.

"Karena Partai Demokrat tidak memiliki cukup kursi untuk mengusung paslon sendiri. Serta daya dukung logistik dan sebagainya," tuturnya.

Namun demikian, kata Kamhar, pihaknya tetap membuka peluang bagi kader potensial yang siap diterjunkan ke gelanggang Pilkada DKI Jakarta nanti, ternyata dia potensial di daerah sebelumnya, maka partai akan mendukung. Seperti halnya Emil Dardak dan Cellica Nurrachadiana.

"Tentu terbuka jalan dari 9 kader yang ditawarkan jika pada saatnya nanti lebih diminati dan strategis maju pada pilkada daerah lain seperti Jatim untuk Emil Dardak atau Jabar untuk Cellica," ujarnya.

"Ini skenario yang disiapkan bila Pilgub DKI bisa dilaksanakan pada 2022. Bappilu memfasilitasi dan memberikan kesempatan," demikian Kamhar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA